wfh

Yuk, ubah kebiasaan yang salah ini.

Sekarang kita udah memasuki minggu ke sekian melakukan kerja dari rumah atau WFH. Sebagian di antara lo mungkin udah ada yang ngerasa bosan, jenuh, makin nggak produktif, dan lain sebagainya. Padahal menurut sebuah eksperimen yang dilakukan di China, orang yang bekerja dengan rumah bisa lebih produktif dan memiliki hasil kerja yang lebih baik. Tentu saja hal itu bisa dicapai dengan syarat, seorang pekerja atau karyawan melakukannya dengan benar tanpa melakukan kebiasaan buruk.

Melansir dari laman Brightside, berikut adalah beberapa kesalahan yang bisa membuat masa WFH jadi masa yang sangat buruk buat lo.

1. Nggak berpakaian dengan tepat

Via Brightside

Mungkin karena bekerja dari rumah, lo jadi ngerasa nggak harus rapi-rapi amat. Akhirnya bangun tidur langsung megang laptop padahal masih pakai piyama. Pada awalnya kamu mungkin merasa nyaman tapi lama-lama itu akan membuat mood kerja kamu jadi menurun. Meski lagi di rumah aja, cobalah tetap berpakaian rapi saat bekerja.

Para ilmuwan sudah membuktikan lewat penelitian bahwa pakaian yang kamu kenakan akan sangat bepengaruh terhadap mood, energi, dan bahkan cara berpikir. Ketika lo pakai baju tidur, lo akan cenderung lebih malas, santau, dan nggak ada keinginan buat kerja.

2. Nggak membuat jadwal

Hayooh, siapa nih yang selama WFH jadi lupa waktu dan kerja overtime terus? Itu nggak baik loh. Lama-lama produktivitas lo bakal turun dan lo jadi males kerja. Meski tidak ada presensi dengan sidik jari, usahakan untuk tetap membuat jadwal sendiri supaya kamu lebih tertib dan teratur dalam bekerja.

Yang menjadi tantangan adalah kamu mungkin tidak menyelesaikan pekerjaan tepat waktu karena di tengah kerja ada banyak gangguan saat di rumah. Kalo punya jadwal, kamu harus lebih kaku sama jadwal itu supaya kesehatan fisik dan mental lo tetap terjaga.

3. Nggak bisa menjelaskan ke anggota keluarga yang lain bahwa lo lagi kerja beneran

Lagi kerja ehh tiba-tiba Mama minta tolong buat ngejagain kepokanan atau bantuin cuci piring atau ngupasin bawang, dan lain sebagainya. Itulah beberapa hal yang bikin kamu jadi nggak fokus kerja dan pada akhirnya telat menyelesaikan deadline. Coba deh buat lebih tegas dalam menjelaskan ke anggota keluarga lain bahwa dari jam sekian ke jam sekian, lo nggak bisa diganggu karena lagi kerja.

4. Mencampur waktu untuk pribadi dan bekerja

Banyak orang yang melakukan hal ini padahal ini nggak baik loh. Selama beberapa hari mungkin kamu masih baik-baik aja, lama-lama lo akan kecapekan dan ngerasa kayak lo bekerja non-stop sepanjang hari. Usahakan untuk melupakan dan tidak memikirkan lagi soal urusan email dan kerjaan saat lo memang udah nggak dalam masa jam kerja.

5. Lupa soal kegiatan fisik

Kalo kerja di kantor setidaknya lo akan jalan entah menuju ke ruang, dari halte ke kantor, jalan ke meja teman, dan lain sebagainya. Selama di rumah, jumlah langkah lo pasti jauh berkurang kan? Paling lo cuma jalan dari tempat tidur ke meja kerja yang nggak jauh-jauh amat. Itu artinya kegiatan fisik lo akan sangat berkurang. Lo mungkin akan menghabiskan waktu berjam-jam duduk di kursi tanpa berdiri sama sekali. Itu nggak sehat loh. Coba tetap jalan setelah beberapa jam dan jangan lupa untuk rajin olahraga supaya sehat.

 

Komentar