utarakanjakarta

Kota yang tenggelam, 4 warganya dan Anda.

Tau nggak kalian, ternyata, saat ini tanah kota Jakarta sudah menurun loh permukaan tanahnya antara 7,5 - 25 cm per tahun? Dan apabila tidak ada upaya apapun dari kita untuk mencegah keadaan ini, maka keadaan kota Jakarta akan semakin memburuk. Jakarta merupakan kota yang berada di delta 13 sungai, di mana 40% dari tanahnya berada di bawah permukaan laut dan diprediksi dalam kurun waktu 20-30 tahun ke depan , 1/3 Jakarta akan tergenang. Kebayang nggak sih kayak apa situasinya nanti?

Apalagi nih, warga yang tinggal di Jakarta Utara sudah merasakan dampak ini. Terbukti, banyak wilayah di Jakarta Utara mudah terkena banjir. Melihat keadaan ini, Cynthia Boll Photography dari negeri Belanda bekerjasama dengan para ahli media sosial, desainer web, serta editor video dan para jurnalis dari Jakarta membuat langkah pergerakan bertajuk "Utarakan Jakarta".

Apakah "Utarakan Jakarta" itu? "Utarakan Jakarta" merupakan kampanye Facebook untuk mengangkat kesadaran mengenai tenggelamnya kota Jakarta karena penyurutan tanah dan pembatas yang sia-sia di tembok laut yang sekarang digunakan untuk melindungi area kota Jakarta dan sekitarnya dari naiknya permukaan laut.

Kampanye ini juga merupakan usaha yang unik untuk menunjukkan kepada para pengguna aktif FB mengenai kehidupan sehari-hari dari 4 penduduk di Jakarta Utara, bagaimana mereka sedang berjuang menghadapi banjir, rumah tenggelam dan pergi ke sekolah saat banjir melanda.

Pada project ini, para ahli akan memberikan opini mereka mengenai penyebab, solusi-solusi dan apa yang dapat dilakukan masyarakat untuk menghentikan atau menanggulangi banjir. Para penduduk akan diundang untuk membagikan pengalaman mereka, memberikan berbagai komentar, berpartisipasi dalam polling dan bertindak.

Tapi ingat nih, bukan karena sekarang mereka yang di Utara sudah merasakan penurunan tanah, kalian yang tinggal di wilayah Jakarta lainnya nggak bakal merasakan hal yang sama. Untuk itu, demi mencegah hal yang serupa, di proyek "Utarakan Jakarta" ini, Cynthia Boll dan rekan-rekan ingin warga Jakarta sebanyak-banyaknya mengetahui mengenai fakta tersebut.

Untuk selanjutnya dibicarakan bersama-sama mencari solusi yang terbaik buat semua. Caranya, kalian mulai dengan follow akun FB www.facebook/utarakanjakarta atau klik laman www.utarakanjakarta.com .

Di laman tersebut, kalian juga bisa loh berbagi opini. Nah, untuk info lebih lanjut, kalian langsung aja deh kontak This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.. Sebelumnya simak dulu nih video dan foto tentang "Utarakan Jakarta" di bawah ini :

utarakanjakarta1

utarakanjakarta2

utarakanjakarta3

(Foto: Cynthia Boll)

Komentar