longlife


Ternyata buku nggak cuma bikin pinter tapi juga bikin panjang umur.

 

Seberapa sering kita baca buku setiap minggu? Berapa banyak waktu yang kita habiskan untuk membaca buku setiap minggu? Atau kita lebih sering ngabisin waktu buat maen gadget, nongkrong dan berfoto ria aja?

Ada baiknya kita ubah dari sekarang! Karena membaca buku bisa membuat hidup jadi lebih panjang. Nggak percaya?

Penelitian dari Yale University sudah membuktikan bahwa orang yang suka membaca buku hidup lebih lama dua tahun daripada mereka yang nggak suka baca. Penelitian ini menemukan bahwa mereka yang membaca lebih dari 3,5 jam per minggu 23% lebih kecil kemungkinannya untuk meninggal dalam waktu 12 tahun.

Jadi paling nggak sehari kita harus ngeabisin waktu sekitar setengah jam untuk membaca buku untuk berumur panjang. Coba cek video ini:

Para peneliti ini juga menemukan manfaat lain dari membaca buku. Menurut mereka, orang yang membaca buku menunjukan kemampuan kognitif yang kuat seperti kemampuan mengingat dan menghitung mundur.

Namun efek ini nggak akan terasa kalo kita cuma baca majalah atau koran. Efeknya nggak terasa. Kecuali kita menghabiskan lebih dari tujuh jam setiap minggu untuk membaca majalah atau koran.

Penelitian lainnya di Inggris pada 4.164 orang dewasa menunjukan bahwa orang dewasa yang membaca hanya 20 menit seminggu lebih merasa puas akan hidupnya sebanyak 20% dibandingkan dia yang tidak membaca.

Nah kan jadi membaca buku itu banyak banget manfaatnya. Coba sekarang mulai rajin-rajin membaca buku. Nggak cuma bikin pinter tapi juga bikin umur panjang dan puas sama hidup. Selamat membaca!

Sumber: World Economic Forum

Komentar