vintage medical photos 11

Bersyukur banget kita hidup di zaman sekarang!

 

Teknologi semakin canggih. Semua bisa lebih cepat dan praktis dalam hal apapun termasuk di dunia medis. Sekarang buat berobat bisa langsung ke dokter. Alat medis juga udah pada canggih.

Kalo zaman dulu? Hemm, informasi soal kesehatan masih terbatas, belum lagi banyak 'dukun' kesehatan yang kebenarannya perlu dipertanyakan. Karena teknologi dan informasi juga masih terbatas, sering juga terjadi kesalahan. Udah sakit malah makin sakit dengan sistem pengobatan yang bisa dibilang cukup ngeri ini.

Mengutip dari Vintage Everyday, Provoke! mau ngasih liat 12 foto pengobatan medis jaman dulu:

Pasien di rumah sakit jiwa yang ditahan dengan selimut basah

vintage medical photos 1

Mungkin tujuannya biar si pasien nggak banyak gerak. Tapi kalo pake selimut basah, bisa-bisa malah sakit paru-paru yakan?

Baju pelindung buat perawat radiologi

vintage medical photos 2

Hemm, agaknya ribet yaa!

Cara 'menjemur' bayi di Chicago untuk mencegah rakhitis di musim dingin

vintage medical photos 3

Duh kasihan yaa masih kecil.

Dr. Lewis Sayre sedang melakukan terapi untuk pasien penderita scoliosis

vintage medical photos 4

Kok ngeri yaa alatnya?

Salah satu terapi untuk penderita scoliosis

vintage medical photos 5

Hemm, makin mengerikan alatnya.

Fisioterapi jaman dulu nih

vintage medical photos 6

Kayak lagi sauna ya?

Operasi tanpa obat bius

vintage medical photos 7

Ngeri!!!

Semacam kursi roda yang digabung dengan kasur

vintage medical photos 8

Agak kurang praktis nih.

Seorang perempuan dengan kaki palsu

vintage medical photos 9

Di foto ini perempuan tersebut menutupi wajahnya dengan buku karena malu.

Mengatasi polio dengan mesin seperti paru-paru besi ini

vintage medical photos 10

Hem kasihan yaa

Lagi tes neurologis nih

vintage medical photos 11

Cara nyuntiknya bikin takut!

'Wajah' yang bisa dipilih untuk pasien cedera di bagian wajah sebelum operasi plastik booming

vintage medical photos 12

Kayak topeng gitu yaa?

 

Gimana udah liat semua kan? Dengan liat foto-foto di atas, rasanya bersyukur banget ya kita hidup di abad ini di mana pengobatan udah lebih canggih dengan bantuan teknologi canggih. Jadi pengen sehat terus yaa.

Komentar

Login to P!