bhutan

Sampai ada Kementerian Kebahagiaan.

 

Setiap orang pasti pengen bahagia. Meskipun bentuk kebahagiaannya beda-beda. Ada yang bahagia punya rumah mewah, ada yang bahagia punya pacar rupawan, ada yang bahagia bisa sekolah tinggi-tinggi, ada juga yang bahagia karena dikelilingi orang terdekat. Dan ada banyak hal lain yang bisa bikin orang bahagia.

Kalo ukuran negara, tingkat kebahagiaan bisa juga diukur dengan tingkat pendapatan. Tapi kayaknya ini nggak berlaku buat negara Bhutan. Bhutan, negara yang berada di Asia Selatan ini dinobatkan menjadi negara paling bahagia di dunia.

Pernyataan ini diperoleh langsung dari warga negara Bhutan. Pada sensus 2015 silam, 35% warganya mengaku sangat bahagia, 47,9% menyatakan cukup bahagia dan 8,8% sisanya mengatakan nggak bahagia.

Di Bhutan, ukuran kebahagiaannya bukan pendapatan yang biasa diukur lewat Pendapatan Domestik Bruto (PDB) tapi lewat Kebahagiaan Nasional Bruto. Dengan ukuran ini, kebahagiaan jadi tujuan utama negara. Bahkan pemerintah Bhutan mendirikan sebuah kementerian khusus untuk mengurus kebahagiaan warganya. Dan ini nggak pernah dimiliki negara manapun di dunia.

Bhutan emang berada jauh di Asia Selatan. Itulah yang membuat Bhutan jauh dari masalah-masalah global seperti kelaparan dan kemiskinan. Mereka nggak pusing mikirin perang atau kemiskinan. Warga negara Bhutan pun termasuk warga negara yang ramah dan terbuka. Mereka nggak terobsesi akan teknologi dan memegang teguh budaya leluhur.

Warga negara Bhutan nggak kenal sama urusan bunuh membunuh binatang, bahkan mereka vegetarian. Untuk urusan cocok tanam, mereka nggak pake pupuk kimia. Semuanya aman dari zat berbahaya.

Mereka nggak merusak hutan, sumber daya alam terjaga, dan kerajaan bertanggungjawab akan kesediaan makanan dan pakaian untuk warganya. Coba simak video ini:

Mungkin buat lo yang pengen berbahagia, bisa main atau pindah ke Bhutan. Dijamin bahagia!

 

Sumber: Bright Side

Komentar

Login to P!