vendingmechine.jpg

Hanya sekali pencet, lo langsung mendapatkan apa yang lo pengen. Bayangkan kalau benda dan kemudahan ini ada di sekitar kita? Pasti berguna banget deh.

Berbekal uang kertas atau pun koin, dan pikiran tenang untuk memilih barang yang dipengen, lo langsung bisa mendapatkannya hanya dalam sekali pencet. Apakah itu? Yak, Vending Machine. Sebuah mesin berteknologi canggih yang bisa memenuhi kebutuhan lo sehari-hari. Mostly, vending machine yang bermunculan (bahkan di Indonesia) berisi makanan atau minuman ringan. Tapi eits tapi, ada juga lho vending machine yang isinya bukan makanan minuman, kayaknya ini kudu ada di Indonesia yes. Apa aja tuh? Nih simak!

1. Sprinkles Cupcakes Machine

cupcake_at.jpg

Cupcake udah jadi makanan favorit warga New York, gengs, salah satunya adalah produk dari Sprinkles, sebuah bread shop di New York, Amerika Serikat. Sprinkles membuat sebuah inovasi baru yakni membuat vending machine yang bisa menghasilkan cupcake dan bisa lo desain sendiri hanya dengan click on screen aja, layaknya lo ambil uang di ATM gitu deh tinggal gesek, pencet-pencet, lalu selesai deh. Cukup bayar dengan Rp 50.000,- lo udah bisa dapet cupcake sesuai pilihan lo. Ada rasa cokelat, vanilla, strawberi, banana dark chocolate, triple cinnamon, sampe bacon. Nggak cuma cupcake yang berisi krim dan taburan mesis aja yang dihasilin mesin ini, kita juga bisa dapetin cupcake sundaes and shakes, red velvet waffle cones, until cupcake ice cream sandwiches. Gegara peminatnya yang banyak, vending machine cupcake ini dibuat tak hanya di satu toko aja melainkan 13 toko yang tersebar di kota-kota Amerika. Mulai dari Atlanta, Beverly Hills, Chicago, Las Vegas, sampe di book store at University of Southern California. Wihii, andai aja yang kayak begini ada di Indonesia yak. Sehabis beli cupcake bisa lha selfie di depan vencing machine-nya.

2. Sandals Vending Machine

havaianas.jpg

Ide dari mana coba ada vending machine isinya sandal japit? Yak, di Brazil tepatnya, pada 31 Mei 2013 lalu sebuah brand sandal yang terkenal dengan warna colourful dan creative ini merilis sebuah vending machine berisi sandal. Please welcome, Havaianas. Yep, vending machine ini diletakkan di beberapa spot keramaian kayak Cental Park Brazil.

Selain di Brazil, produk ini juga singgah ke Sdyney. Bedanya, vending machines Havaianas kali ini diletakkan dekat kawasan pantai. Kalau lo mau main ke pantai tapi lupa bawa sandal, bisa banget beli sandal di vending machine yang satu ini. Nggak perlu repot dah cari warung buat beli sandal jepit. Sandal ini bisa lo dapatkan dengan harga USD20 atau sekitar Rp 200.000 lah, agak mahal sih buat sebuah sandal jepit, tapi gapapa lha sekali-kali nyobain sandal empuk dari luar negeri yes. Belinya pake vending machine pula, nyahaha.

3. Umbrella Vending Machine

dydo-umbrella-rental-vending-machine-japan-3.jpg

Kalo ngomongin soal inovasi teknologi dari Jepang, jangan lagi diragukan gimana kreatifnya para innovator Jepang. DyDo, salah satu produsen minuman terkenal di Jepang salah satu inovator tersebut. Mereka membuat sebuah uji coba penawaran payung gratis lewat 60 vending machine di Osaka. Dalam satu box, vending machine menyediakan 7 unit payung dan bisa lo pake langsung, nggak pake ribet dah. Ih, apa nggak takut payungnya dibawa pulang dan ga balik yak? Hmm ternyata di Jepang sendiri menerapkan sistem kepercayaan dan kejujuran kepada seluruh konsumennya. So, dengan harga sekitar 400-1000 yen atau sekitar 70 ribu rupiah lo udah bisa langsung dapetin 1 payung unik dari Dydo. Nggak cuma di Osaka, ternyata mesin payung ini juga tersebar di Tokyo. Selain itu, Vancouver yang punya curah hujan paling tinggi se-Kanada pun punya vending machine payung yang bisa nyelamatin kita waktu tiba-tiba turun hujan. Cukup bayar 60 ribu rupiah, payung pun akan otomatis keluar dari payung ini dan bisa langsung dipake. Nggak lagi tuh alesan telat gegara kehujanan, kan udah ada vending machine umbrella, sis.

4. Helmet Vending Machine

helmet.jpg

Kayaknya vending machine yang satu ini kudu ada di Indonesia, terutama di beberapa kota yang tingkat pengguna kendaraannya tinggi. Di Amerika nih, ternyata ada vending machine yang bisa kasih lo helm terutama buat yang selalu naik sepeda sehari-hari. Dalam satu vending machine, terdapat 30 helm yang bisa dipakai oleh pengguna. Helmet vending machine ini pertama kali ada di Boston, lalu merambah di Melbourne, Australia yang diletakkan di beberapa sudut seperti 7-Eleven dan berbagai supermarket lainnya. Desain helm yang ada pada vending machine ini tersedia dalam 3 ukuran, small, medium, dan big size. Untuk satu harga helm pada mesin ini, cukup ambil uang sekitar AUD 5 atau 50 ribuan gitu deh. For your information yak, kalau naik sepeda di Australia itu kudu banget pakai helm, wajib hukumnya. Kalau nggak pake helm ya alamat deh ditilang polisi lalu didenda. Ehhm kan, Indonesia butuh nih vending machine yang begini, biar semua orang pada nggak alesan nggak pakai helm demi keselamatannya.

5. Seventeen Ice Vending Machine by Glico

here-are-5-coolest-vending-machine-ever-992768-b4dpjhc4zyo.jpg

Vending machine yang berisi ice cream satu ini diluncurkan pada April 2014 di Shibuya, Jepang. Bukan sembarang vending machine ice cream nih, mesin yang dibuat oleh produk Glico ini baru bisa mengeluarkan ice cream kalau kita berhasil melewati challenge. Lhaaaa keburu pengen ice creamnya dong? Gapapa, ini namanya tantangan, kalau pengen sesuatu nggak semuanya gampang, hahaha!

Cara main challenge pun asik, lo kudu pilih dulu rasa ice cream yang lo pengen. Nah setelah itu lo kudu ikutin gerakan dance dari Ayami Mutou, salah satu brand ambassador dari Seventeen Ice yang muncul di monitor vending machine tersebut. Nari aja sebagus mungkin, mau lo nari sampai kayak pun gapapa, asal lo kudu dapet score yang tinggi. Kalau lo dapet nilai tinggi maka ice cream yang lo pengen itu tadi bakalan muncul deh. Pesan moral dari vending machine ini adalah untuk mendapatkan apa yang kita inginkan tidaklah mudah, kita harus berusaha memberikan yang terbaik sekuat mungkin, hehehe. Semangat!

Nah, itu tadi beberapa vending machine yang kayaknya kalau ada di Indonesia bakalan seru banget. Kalau lo sendiri, pengen ada vending machine yang gimana nih?

Komentar

Login to P!