breakfast provoke

Beda negara, beda menu sarapan.

 

Sarapan jadi salah satu faktor penting penentu mood kita dalam sehari. Tanpa sarapan kita bisa kelaperan bahkan sebelum jam makan siang. Selain itu nggak sarapan bikin kita lemes, nggak ada energi buat beraktivitas. 

Nah kali ini Provoke! mau ngasih tau lo menu-menu sarapan negara-negara di Asia. Ini dia:

Pandesal - Filipina

filipina

Di Filipina, biasanya sarapan dengan semacam roti goreng. Biar seru, bisa lo oles topping macem-macem, mulai dari keju sampai selai buah-buahan.

Youtiao dan Susu Kedelai - China

china

Youtiao hampir mirip dengan Cakwe. Bedanya, Youtiao lebih enak dinikmati dengan cara dicelup ke dalam susu kedelai.

Broken Rice - Vietnam

vietnam

Buat sarapan tetangga dekat Indonesia ini memilih menu broken rice alias nasi yang terbuat dari biji-bijian. Broken rice ini disantap dengan bì, daging, dan kulit babi.

Nasi Lemak - Malaysia

malaysia

Menu sarapan orang Malaysia nggak beda jauh dari menu orang Indonesia. Maklumlah ya serumpun. Di Malaysia orang memilih sarapan dengan nasi lemak (nasi yang masak dengan santan dan pandan) dengan lauk ayam kari, telor rebus, teri pedas. Dan jangan lupa kerupuk dan sambel!

Korea

korean

Kalo negaranya Gong Yoo ini menu sarapannya nggak beda jauh dengan menu makan siang dan makan malam mereka. Pasti ada nasi, tahu, kimchi, dan sayuran.

Congee - Singapura

singapura

Kalo sarapan di Singapura jangan lupa cobain Congee yakni, semacam bubur. Biasanya Congee disantap dengan topping suwiran ikan atau babi dan juga telur.

Poori Masala - India bagian Utara

india

Mashed potato, sayuran dan berbumbu rempah ala masakan India pun wajib disantap di pagi hari. Jangan lupa makannya dengan roti goreng.

Idli - India bagian Selatan

india2

Beda dengan bagian Utara, menu sarapan India bagian selatan diisi dengan Idli, kue gurih dari kacang hitam dan nasi. Idli biasanya disajikan dengan sepiring miju-miju pedas yang disebut sambar.

Haleem - Iran

iran

Sarapan orang Iran yakni menikmati haleem, rebusan yang terbuat dari gandum, kacang, daging, dan rempah-rempah.

Halwa Puri - Pakistan

pakistan

Halwa puri, atau halwa poori, merupakan menu sarapan Pakistan yang terdiri dari hidangan manis semolina, hidangan kacang pedas, dan poori roti untuk mencelupkan!

Shakshuka - Israel

israel

Menu sarapan orang Israel ini merupakan hidangan telur panggang lengkap dengan bumbu yang terdiri dari bawang, cabai, pasta tomat.

Nasi Uduk, Bubur Ayam, Nasi Goreng - Indonesia

indonesia

Kalo Indonesia, biasa sarapan dengan menu antara lain kalo nggak nasi uduk lengkap dengan bihun dan gorengan, bubur ayam dengan sate usus atau nasi goreng lengkap dengan telur mata sapi.

Nah itu dia sarapan dari berbagai negara di Asia. Jadi kalo lo sempat jalan-jalan ke negara tersebut, jangan lupa sarapan menu-menu di atas yaa!

 

Foto: pelbagai sumber

Komentar