strange inventions from wwi 1

Bukannya berhasil malah menarik perhatian musuh sih yaa..

 

Namanya perang dibutuhkan senjata dan teknologi yang canggih supaya bisa mengetahui taktik musuh dan menang. Hal ini yang terjadi pada Perang Dunia yang pertama. Dua blok yang berseteru membuat senjata dan alat-alat yang membantu melancarkan taktik perang mereka.

Tapi, alat-alat yang mereka buat agak aneh meskipun fungsionalis. Nih coba liat foto-foto di bawah ini:

Heil, Mickey Mouse

strange inventions from wwi 1

Alat yang menyerupai telingan salah satu tokoh kartun buatan Disney, Mickey Mouse, ini dibuat oleh aparat audio visual Jerman. Alat ini dibuat untuk mendeteksi bom dari musuh. Cuma kalo liat bentuknya seperti ini jadi seperti ke Disney Land yaa.

Baju Anti Peluru

strange inventions from wwi 2

Baju ini dirancang untuk menghalau peluru dari musuh mengenai tubuh para tentara. Tapi dengan desain seperti ini malah bikin si tentara nggak bisa gerak ke mana-mana ya?

Pelampung dari Kasur

strange inventions from wwi 3

Pelaut AS ini dilatih mengenakan pelampung dari kasur tempat tidur. Jadi kalo nggak ada pelampung, para pelaut ini bisa memanfaatkan kasur mereka supaya selamat. Tapi tapi...

Tenaga manusia

strange inventions from wwi 4

Sebelum ada sms, telepon, email bahkan surat para Tentara Jerman ini bertukar pesan melalui cahaya. Dan cahaya tersebut dihasilkan dari kayuhan sepeda. Hm capek juga yaa kalo pesannya panjang...

Toa super GEDE

strange inventions from wwi 5

Biar informasi tersampaikan ke semua tentara maka dibuatlah 'toa' super gueeeddeeeeeee di camp pelatihan pelaut AS. Suaranya segede apa ya itu?

Pohon Samaran

strange inventions from wwi 6

Salah satu taktik perang adalah melakukan penyamaran. Salah satunya dengan menyamar menjadi pohon. 'Pohon' samaran ini dibuat dari kanvas dan kasa kawat. Dan yang menjadi 'pohon' adalah tentara yang paling berani. Hm penyamaran yang nggak mirip yaa ini.

Dummy Tank

strange inventions from wwi 7

Insinyur dari Australia membuat dummy tank yang terbuat dari kayu dan kain. Mirip kayak buat parade gitu yaa bukan kayak buat perang. Huehehe..

Bird's Eye View

strange inventions from wwi 8

Ini bukan sekedar istilah karena menggunakan burung merpati sungguhan. Burung ini direkrut jadi mata-mata Jerman. Ia dilengkapi kamera untuk menangkap apa yang dikerjakan musuh dari ketinggian burung itu hinggap dan terbang.

Jubah Penyamaran

strange inventions from wwi 9

Masih soal menyamar, tentara US menciptakan jubah penyamaran seperti ini. Hanya saja inovasi ini dianggap gagal. Hm ya pasti gagal sih ya jubahnya cukup mencolok kayak gini.

In The Saddle

strange inventions from wwi 10

Kalo ada pasukan perang menggunakan kuda untuk membantu mereka menyerang, lain dengan kelompok tentara ini. The Kent Cyclist Batalyon menggunakan sepeda untuk menyerang.

Kuda yang menyamar jadi Zebra

strange inventions from wwi 11

Penyamaran pun diberikan kepada kuda. Para kuda dicat menjadi serupa zebra. Penyamaran ini dilakukan meski tujuannya tidak jelas.

Kamuflase Tentara

strange inventions from wwi 13

Salah satu bentuk kamuflase yang dilakukan oleh para tentara Angkatan Darat Inggris yakni dengan mencetak gambar besar mereka dan menempelkannya di depan markas.

Para-tweeter

strange inventions from wwi 14

Inovasi satu ini memanfaatkan burung merpati. Si burung diterbangkan ke wilayah yang diduduki untuk meminta kabar posisi pasukan lokal dari warga sipil. Cuma kostum si burung agak mencolok yaa. Bisa-bisa kena tembak musuh sebelum balik nyampein kabar dari pasukan.

Nah itu dia senjata, alat dan taktik perang yang dipakai untuk mengelabuhi musuh. Agak mencolok sih ya emang. ~

Komentar