Ichitan Photo Competition

north korean leade 3594272b

Nggak cuma ada Kim Jong-Un aja!

Apa yang lo tau dari Korea Utara, selain presidennya yang namanya Kim Jong-Un, tetangganya Korea Selatan, negara yang tertutup abis, sampe gosip-gosip tentang nuklir? Yepp, beda banget sama si Korsel, Korut emang supeeeerrr misterius. Negara tersebut ngebatasin akses dari dan ke dalam, baik itu akses informasi, sampe berkunjung.

Tapi sama kayak gebetan, yang misterius-misterius gitu emang suka bikin penasaran. Nah biar pengetahuan lo tentang Korea Utara nggak cuma segitu aja, dan kali aja abis ini lo mau main-main ke sana, simak dulu nih beberapa fakta yang aneh tapi sebenernya menarik banget tentang negara tersebut. Mungkin selama ini lo belum tau, atau udah?

1. Punya kalender sendiri

Lo pikir sekarang di Korea Utara tuh tahun 2017? Salaaaah meeeen. Sebenernya, di Korut sana tuh sekarang baru tahun 106! Loh loh, kok bisa gitu? Jadi, Korea Utara punya aturan sendiri buat kalender mereka. Korut menggunakan tahun lahir pemimpin pertamanya, Kim Il-sung sebagai tahun ke-1 (Kim Il-sung lahir tahun 1912 menurut kalender Masehi).

2. Nggak boleh ulang tahun di tanggal-tanggal tertentu

Kalo lo orang Korea Utara dan lahir di tanggal 8 Juli atau 17 Desember, sayang sekali, lo nggak akan bisa ngerayain ulang tahun lo seumur hidup. Soalnya, tanggal 8 Juli adalah tanggal kematian pemimpin tertinggi keduanya Korut, Kim Jong-il, dan 17 Desember adalah tanggal kematian Kim Il-sung, jadiiii di Korut dilarang banget ada pesta-pesta atau seneng-seneng di kedua tanggal tersebut.

3. Cuma bisa buka 28 situs web

Udah tau dong pasti kalo akses informasi di Korut emang terbatas banget, termasuk juga akses internet. Beruntunglah lo yang tinggal di Indonesia, palingan website yang ditutup sama pemerintah emang yang berunsur pornografi, situs download bajakan, dll. Nah kalo di Korut sana, lo cuma bisa mengakses 28 situs web ajaaaa! Dan nggak ada satupun yang situs tersebut yang nyenengin, kebanyakan buat pendidikan, asuransi, perawatan untuk lansia, sampe situs buat tutorial masak. Babayyy deh media sosial!

Bukan cuma itu, ngakses internetnya ppun susah bangetttt. Lo butuh perizinan buat bisa punya komputer sendiri di rumah, plus harganya juga mahal abisss. Dari kurang lebih 25 juta penduduk yang ada di Korut, cuma ada ribuan warganya yang bisa punya komputer di rumahnya.

4. Gaya rambut cowok harus sama

Kalo fakta yang ini mungkin udah banyak yang tau. Jangan harap deh lo para cowok bisa ke barbershop trus minta potongan rambut yang aneh-aneh atau yang lagi nge-hype. Cuma ada satu gaya rambut yang boleh berlaku di Korea Utara, yaituuu gaya rambutnya Kim Jong-un. Jadi cowok-cowok di sana harus motong rambut dengan model yang sama. Masalahnya, gaya rambutnya Kim Jong-un tuh......... *isi sendiri*

5. Punya kota palsu di perbatasan dengan Korea Selatan

Di zona demiliterisasi antara Korea Utara dan Korea Selatan, keliatan ada satu kota yang baguuuussss banget. Lengkap semuanya ada di sana, dari mulai perumahan, sekolah, rumah sakit, toko-toko, dll. Ternyataaaa, sebenernya nggak ada satupun orang yang tinggal di kota tersebut! Dinamain 'Peace Village' di Korea Utara, masih jadi misteri sih kenapa kota ini ada tapi nggak ada yang nempatin. Katanya, kota palsu ini sengaja dibangun buat nunjukkin ke Korsel, kalo hidup di Korut tuh keren. Kota ini juga dikenal dengan sebutan 'Propaganda Village'.

6. Ngedatengin fans palsu buat dukung timnas di World Cup 2010

Pergi dari Korea Utara tuh susah banget buat warganya, bahkan sekedar liburan ke luar negeri sekalipun! Makanya, dunia pada heran waktu ribuan warga Korut berbondong-bondong dateng ke Afrika Selatan buat mendukung timnasnya yang berlaga di World Cup 2010. Ternyata menurut laporan, fans-fans tersebut adalah para aktor China yang dibayar sama pemerintah Korut buat pura-pura jadi warganya, dan ngedukung habis-habisan timnas Korut di World Cup. *face palm*

7. Dikit banget jalanan yang udah diaspal

Korea Utara boleh punya salah satu stadion tergede dengan kapasitas 150 ribu orang, tapi ternyata, baru tiga persen dari jalan raya di sana yang udah beraspal.

8. Mereka tetep nyelenggarain pemilu

Mungkin lo bisa ketawa heran sih sama fakta ini, soalnya meskipun Korea Utara terkenal sama rezim totaliternya, mereka tetep ngadain pemilu tiap lima tahun sekali. Yang bikin beda sama pemilu-pemilu di negara lain, calon presiden di Korut pilihannya ya cuma satu. Daaaan jangan harap lo bisa golput, kalo lo nggak mau "kenapa-kenapa". Errr serem!

9. Pernah nyulik sutradara dari Korea Selatan

Di tahun 1978, Kim Jong-Il menculik sutradara asal Korea Selatan, Shin Sang-Ok dan istrinya, aktris Choi Eun-hee. Tujuannya ternyata menyuruh Shin Sang-ok untuk merevitalisasi industri film Korea Utara yang gagal. Shin Sang-ok sempet membuat 7 film buat Korut, sebelum akhirnya berhasil meloloskan diri pada tahun 1986.

10. Hukuman "tiga generasi"

Yang nyeremin juga, kalo ada dari keluarga lo yang melanggar hukum dan masuk penjara, maka seluruh keluarga lo juga bisa ngalamin hal yang sama. Menurut hukum di Korea Utara, kalo lo adalah seorang pelanggar hukum (terutama yang berurusan sama politik), maka keluarga lo nggak ada bedanya, termasuk orang tua lo, anak lo, sampe kakek nenek lo juga dapet hukuman yang sama! Hukuman ini dikenal dengan “three generations punishment” yang dibikin oleh Kim Il-sung sejak tahun 1950-an.

 

Kayak gitu tuh, bayangan kehidupan di Korea Utara sana. Beruntung yaaa kita tinggal di Indonesia yang kebebasannya dilindungi sama hukum. Asal jangan jadi kebebasan yang kebablasan aja ya.

Komentar