Foto palsu

Cari tahu dulu sebelum lo ketipu.

Lo nggak boleh langsung percaya gitu aja sama apapun yang lo liat di internet atau media sosial. Bisa aja itu semua cuma palsu alias hoax, apalagi kalo yang lo lihat adalah foto. Sekarang udah banyak orang yang jago photoshop. Teknologi juga makin canggih buat bikin sesuatu yang nggak ada jadi keliatan ada. Contohnya aja adalah beberapa foto ini nih. Jutaan orang di dunia tertipu sama foto-foto ini. Setelah terlanjur viral, baru terungkap kalo foto ini ternyata palsu doang.

1. Matahari cuma bisa dilihat lewat layar di tengah kabut asap.

Foto hoax

Informasi yang tersebar adalah orang-orang di China harus ngeliat matahari terbit lewat layar besar karena kabut asap yang terlalu tebal. Faktanya, layar yang ada di Tiananmen Square itu emang selalu menampilkan gambar matahari terbit. Itu adalah bagian dari iklan yang diputas sepanjang tahung. Nggak peduli ada kabut asap atau enggak.

2. Anak laki-laki asal Suriah tidur di antara makam orangtuanya.

Foto hoax

Foto itu sebenarnya bagian dari proyek seni yang dikerjakan oleh Abdul Aziz al-Otaibi dari Arab Saudi. Dia pengen menunjukkan bahwan cinta anak ke orangtuanya adalah sesuatu yang abadi. Menurut dia, foto itu nggak ada hubungannya sama krisis kemanusiaan yang terjadi di Suriah.

3. Pria ini membuat topeng kematian buat tentara di Perang Dunia I.

Foto hoax

Faktanya, pria itu membuat topeng wajah buat tentara yang selama dari perang tapi mengalami luka serius di bagian wajah.

4. Tumbuhan ungu itu mengelilingi kolam peri yang ada di Isle of Skye, Skotlandia.

Foto hoax

Faktanya itu adalah foto hasil editan photoshop. Foto yang asli ada di sebelah kanan, warnanya hijau. Lokasi pengambilan foto itu ada di Selandia Baru.

5. Foto penampakan supermoon di Rio de Janeiro bikin banyak orang kagum.

Foto hoax

Tentu aja foto itu cuma hasil editan. Yang sebenarnya, gambar bulan cuma ditempel di foto Rio de Janeiro.

6. Pilot ini lagi selfie di tengah penerbangan.

Foto hoax

Kamu pasti udah pernah ngeliat foto yang viral beberapa saat yang lalu. Setelah diperhatikan dengan saksama, lo bakal menemukan banyak kejanggalan di foto itu dan yang terpenting foto itu palsu.

7. Ada sebuah pohon misterius yang ditemukan di Afrika.

Foto hoax

Jangan langsung percaya gitu aja. Itu adalah pohon di Disney World. Pohon itu nggak punya hubungan sama hal-hal mistis. Pohon itu bahkan nggak nyata.

8. Foto ini tersebar sebagai foto tsunami yang terjadi di Samudra Hindia pada tahun 2004.

Foto hoax

Bukan kok. Itu adalah foto yang diambil di pesisir pantai di Chile. Ombak yang ada foto itu cuma hasil photoshop, nggak nyata.

Belajar dari yang sudah-sudah, sekarang lo nggak boleh langsung percaya sama semua berita dan foto yang tersebar di internet. Jangan langsung takut atau ikutan menyebarkan. Lebih aik lo cari tahu dulu dan memastikan keasliannya. Sekarang ini waktunya buat perang ngelawan hoax. 

Komentar