makanan

Nanti selera makan lo ilang

Uhh.. Buka puasa nanti makan apa ya?? Minumnya apa ya?? Cemilannya apa yaa?? Makan beratnya apa yaaa?? Udah riweuh ya mikirin bukaan. Yang jelas sih apa aja yang ngenyangin. Eh tapi ngenyangin juga musti enak dan yang wajar-wajar aja alias bisa dimakan sama semua orang termasuk gebetan lo. Kalo bisa jangan makan ini ya pas buka puasa bareng gebetan


Escamole

escamole

Larva semut yang dipanen dari akar tanaman agave, ini dianggap kelezatan di Meksiko. Bahkan, mereka kadang-kadang bahkan disebut sebagai "kaviar serangga". Katanya rasanya kayak mentega, tapi agak aneh kalo dimakan bareng gebetan.

Surströmming

surströmming

Hidangan Swedia Utara yang terdiri dari herring Baltik mentah yang fermentasi, biasanya dijual kalengan. Fermentasi dilakukan dengan menambahkan garam dan beberapa campuran lain yang membuat ikan nggak busu. Rasa surströmming sangat asin dan sedikit asam. Mengkonsumsi makanan ini artinya lo memasukkan bau terbusuk ke dalam mulut.

Century Egg

century egg

Century Egg kayaknya bentuk parahnya telur asin yang banyak dikonsumsi di Indonesia. Prosesnya hampir mirip, cuma waktu pembuatannya bisa mencapai beberapa bulan. Proses yang terjadi sangat lama membuat kuning telur menjadi hijau cenderung ke abu-abu. Putih telur menjadi warna coklat dan bertekstur seperti agar-agar. Bau yang ditimbulkan dari telur ini sangat mengerikan. Menyantap telur ini artinya lo bakalan menghirup bau belerang super pekat bercampur dengan bau amonia yang menyulut hidung. Bukannya terkesima, gebetan lo bakalan pingsan.

Yin-Yang Fish

yinyang fish

Juga dikenal sebagai ikan "mati dan hidup", menu ini populer di Taiwan. Ikan ini dimasak dibagian badan hingga ekor tapi ikan belum mati. Kasian banget ya. Karena dianggap penyiksaan terhadap hewan, menu ini sekarang ilegal untuk dipersiapkan.

Hakarl

hakarl

Hakarl adalah makanan dari Islandia yang pastinya bikin lo mau muntah sebelum makan. Hakarl adalah daging ikan hiu yang difermentasi. Setelah dilakukan fermentasi, ikan ini akan digantung di sebuah ruangan selama enam bulan hingga kandungan racun di dalam daging lenyap. Chef terkenal Anthony Bourdain yang penasaran banget sama makanan ini mengatakan kalo hakarl adalah makanan paling parah, jorok dengan rasa yang mengerikan! Meski begitu, pemerintah Islandia justru membuat hakarl menjadi makanan khas negara.

Daripada selera makan doi ialng mendingan cari makanan buka puasa yang aman-aman aja. Gorengan pinggir jalan sama es kelapa muda keknya udah yang paling aman. Tapi kalo mau cari bukaan yang nggak mainstream boleh juga dicoba. Eh pesen P! satu lagi. Jangan makan sebelum magrib, batal.

Komentar