eminem stan 1

Artinya apa?

Tahun 2000, rapper Eminem pernah ngerilis lagu hits berjudul 'Stan'. Kalo lo belum tau, lagu ini dibikin Eminem untuk nyeritain tentang salah seorang fans fanatik bernama Stan yang nulis surat-surat buat idolanya sampe terlalu intens, dan akhirnya terlalu terobsesi sama sang idola. Setelahnya, kata 'stan' mulai banyak dipake.

'Stan' biasanya adalah sebutan buat fans berat seorang artis tertentu yang maksimal banget deh buat ngebela si idolanya. Istilah ini juga sekarang akrab di dunia per-kpop-an, yang nunjukkin di manakah keberadaan lo dalam sebuah fandom. Misalnya, 'stan BIGBANG', 'stan EXO', dll.

17 tahun setelah awal mula kata 'Stan' diperkenalkan oleh Eminem, akhirnya Oxford English Dictionary (OED) secara resmi memasukkan kata tersebut ke dalam kamus nih! Dalam kamusnya, OED menyebutkan 'stan' sebagai kata benda (noun) yang berarti "an overzealous or obsessive fan of a particular celebrity” atau "penggemar yang terlalu bersemangat atau obsesif terhadap selebriti tertentu," serta sebagai kata kerja (verb) yang dideskripsikan “be an overzealous or obsessive fan of a particular celebrity.”

stan

Bahkan Oxofrd English Dictionary juga menyebutkan bahwa lagu Eminem merupakan asal usul kata tersebut, dan memberi contoh untuk penggunaan 'stan' sebagai kata kerja dengan menggunakan lirik dari lagu 'Rap God' milik Eminem: “He has millions of stans who are obsessed with him and call him a rap god.” 

Jadiii, apakah lo termasuk seorang 'stan'?

Komentar