lego

Gilaa..gilaa..gilaaa..

Dari mobil polisi kecil yang detail banget sampe kapal antariksa Millennium Falcon, P! mau kasih liat orang gila slash jenius yang ngebangun karya tergila mereka dari LEGO. Kalo diliat dari hasil karya mereka, pasti bikin frustasi banget kalo ada satu item yang ilang saat ngebangunnya. Tapi semua frustasi dan kerja kerja keras berjam-jam sampe berbulan-bulan bakalan terbayar semua.

Life-Size Statue of Jesus Christ

life size statue of jesus christ

Proyek ini dilakukan oleh sebuah gereja Swedia yang terletak di Vaesteras, sekitar 70 mil sebelah barat Stockholm. Yang sangat menarik dari cerita ini adalah bahwa hampir 30.000 LEGO brick yang digunakan adalah sumbangan dari anggota kongregasi. Patung setinggi 5 kaki 8 ini mengambil model dari patung karya pemahat Denmark Bertel Thorvaldsens abad ke 19, yang menggambarkan kebangkitan Yesus Kristus. Replika yang menakjubkan ini diresmikan sebagai bagian dari perayaan Paskah setelah lebih dari 1 tahun dikerjakan.

Acara Peresmian Presiden Barack Obama

obama presidential inauguration lego

Untuk menandai peresmian Presiden ke 44 Amerika Serikat, orang-orang di LEGOLAND California memutuskan untuk membawa perubahan ke permainan LEGO dan menciptakan penggambaran acara peresmian Presiden Barack Obama yang sangat akurat. Akurat dalam arti bener-bener membuat versi kecil kapitol yang hampir sempurna, sampe setiap orang yang berada dalam pelantikan sebenarnya. Perancang LEGO mengerjakan setiap figur mungil untuk membuatnya sedekat mungkin dengan orang beneran. Dari Michelle Obama sampai Presiden George W. Bush dan Laura Bush, VP Joe Biden dan istrinya Jill atau Dick Cheney dan istrinya Lynn. Bahkan LEGO Oprah Winfrey hadir dalam acara spesial ini.

RMS “Queen Mary”

rms queen mary

Yang satu ini merupakan salah satu proyek LEGO paling ambisius yang pernah ada: model kapal legendaris RMS Queen Mary sepanjang 25 kaki. Orang-orang yang bertanggung jawab untuk merakit karya ini adalah pembangun LEGO profesional dari Bright Bricks Inc. Untuk menyelesaikan proyek ambisius ini, mereka mengumpulkan nggak kurang dari 250.000 LEGO single brick selama rentang waktu hampir 4 bulan, sehingga total berat kapal mencapai 600 Pound atau 272.155 kg. Kapal kecil tersebut dipajang secara permanen di kapal Queen Mary yang sebenarnya, yang sekarang berfungsi sebagai museum, hotel dan tempat wisata yang ada di pelabuhan Long Beach, California.

LEGO Firaun berlayar di sepanjang Sungai Thames

pharaoh

Liat Firaun setinggi 16 kaki yang berlayar melewati jembatan London di Sungai Thames kayaknya bikin ngeri ya. Tapi ternyata ini cuma LEGO-nya kok. Beberapa orang London beruntung menyaksikan pemandangan aneh ini pada bulan Maret 2009. Raksasa seberat satu ton itu berada di pemberitahan terakhir dari tur 1395 mil dari Republik Ceko ke LEGOLAND Windsor, dimana patung ini menjadi centerpiece dari Kingdom of the Pharaohs Exhibition. Patung tersebut dibuat oleh tim yang terdiri dari 4 pemodel dalam pembangunan selama lima bulan dan lebih dari 200.000 LEGO brick. Lego Firaun ini mengikuti jejak patung Anubis, Dewa Orang Mati Mesir, yang melayang menyusuri Sungai Thames juga pada tahun 2007 untuk menandai pembukaan pameran Tutankhamun di London.

Stadion Yankee

yankee stadium

Superb model dari Stadion Yankee ini dibangun oleh seniman LEGO profesional, Sean Kenney dengan bantuan seorang siswa asal Manhattan. Dengan lebar 1,8 meter, panjang 1.5 meter dan dengan skala sekitar 1:150. Sebenarnya bukan ukurannya yang bikin takjub, tapi lebih kepada detail yang luar biasa. Dari Stasiun Subway NYC di belakang stadion, lalu ke papan skor dengan iklan merk terkenal, ruang ganti Yankees, bahkan Monument Park, tempat plakat legenda Yankee seperti Babe Ruth dan Yogi Berra. Menurut Sean, stadion ini dipenuhi oleh lebih dari 1.700 "microscale people", bahkan keluarga Amerika yang paling terkenal, The Simpsons juga sedang menuju stadion.

Volvo XC90 SUV

volvo xc90

Model skala 1:1 yang mengesankan ini dirakit oleh tim LEGO Master Builders di LEGOLAND California untuk menghormati kemitraan taman hiburan mereka dengan merek otomotif Swedia. Volvo terpilih sebagai mobil resmi LEGOLAND California, kedua merek tersebut berjanji untuk mempromosikan pesan "Safety First" kepada 1,3 juta pengunjung tahunan taman tersebut. Pembuatan model Volvo XC 90 SUV ini memakan waktu sekitar 4 bulan dan membutuhkan lebih dari 200.000 LEGO single brick. Staf LEGOLAND bahkan ngerjain bos mereka, dengan mindahin mobil aslinya terus diganti sama model LEGO yang bikin bos mereka kaget melongo. Hahaha..

Allianz Arena

allianz arena legos

66.000 kursi Allianz Arena di Munich bisa dibilang merupakan salah satu stadion terindah yang pernah dibuat. Kubah stadion yang unik ini pastinya merupakan sorotan utama. Untuk merayakan keajaiban arsitektur modern ini, para perancang di LEGOLAND Deutschland Resort menciptakan model real deal skala 1:50. Dengan menghabiskan 4,209 jam kerja dan menggunakan lebih dari 1 juta LEGO brick, dengan berat total 1,5 ton. Arena yang mengesankan menampung sekitar 30.000 penggemar LEGO dari 2 tim bermain: VFR Mannheim dan FC Reinickendorf 51, yang dipilih sebagai hasil kompetisi di radio.

Herobot 9000

herobot 9000 lego

Robot ini berhasil diciptakan saat karyawan LEGO memutuskan bahwa mereka nggak bisa ngebiarin penggemarnya mengalahkan mereka dalam kegilaan menciptakan kegilaan dari LEGO. Herobot 9000, adalah sebuah bangunan setinggi 38 kaki yang dibangun dengan menggunakan LEGO brick sebanyak 2,8 juta. Seperti Firaun yang berlayar di Thames, Herobot lahir di pabrik LEGO di Republik Ceko dan dikirim ke AS. Robot seberat 6 ton ini sekarang berada di Minnesota's Mall of America.

Nintendo DSi

nintendo dsi lego

Karya yang menakjubkan ini adalah karya lain dari seniman LEGO yang menakjubkan, Sean Kenney, yang bikin Stadion LEGO Yankee. Sean ditugaskan oleh Nintendo untuk membangun versi "seukuran manusia" dari konsol Nintendo DSi, untuk merayakan peluncurannya di pasar AS. Dia menggunakan lebih dari 50.000 brick LEGO untuk membuat konsol yang dipajang selama 6 bulan di Nintendo World Store di Rockefeller Center di New York City. Proyek ini sangat unik karena, nggak seperti banyak model LEGO lain yang versinya lebih kecil dari yang asli atau paling nggak skala 1:1, yang satu ini jauh lebih besar daripada konsol Jepang, lebih tinggi dari ukuran rata-rata manusia.

Milan LEGO Tower

milan lego tower

Menara setinggi 35 meter yang menembus cakrawala kota Milan ini dibuat dari LEGO sebanyak 500.000 brick. Pada bulan Juni 2015, selama 5 hari, kolaborasi kreatif ribuan penggemar LEGO, dari segala usia, berhasil memecahkan rekor dunia Guinness untuk struktur tertinggi yang seluruhnya terbuat dari LEGO. Setiap orang yang meletakkan LEGO brick mengambil bagian dalam prestasi menakjubkan ini dan untuk meneruskan pesan kolaborasi kreatif dan kebersamaan ini, LEGO memutuskan untuk menyumbang 7 Euro untuk setiap sentimeter yang dibangun dari menara ke Urban Oasis. Sebuah proyek yang berfokus pada perlindungan dan pengembangan daerah hijau di kota-kota, yang bekerja sama dengan World Wildlife Fund (WWF). Peristiwa bersejarah ini dikunjungi oleh lebih dari 50.000 penonton dan 18.000 pembangun, sementara puncak acaranya ditutup oleh Alessandro Cattelan, seorang artis asal Italia yang mengendarai derek untuk menambahkan LEGO brick terakhir di puncak menara.

James May’s LEGO House

james may lego

Salah satu bintang TV asal Inggris James May, mantan co-presenter program otomotif Top Gear, membangun LEGO tergila: sebuah rumah setinggi 6 meter. Rumah ini dibuat secara eksklusif dari LEGO yang bener-bener bisa ditinggali, lengkap dengan kamar mandi, peralatan dapur dan tempat tidur. Dengan 3,3 juta LEGO brick dibangun pada bulan Mei dengan bantuan 1000 sukarelawan di sebuah perkebunan anggur di Surrey, di tenggara Inggris. Rumah ini tadinya mau dibawa ke LEGOLAND di Windsor, Berkshire. Tapi karena mahal dan ribet buat bawanya akhirnya bangunan itu dibongkar dan LEGO yang digunakan disumbangkan untuk amal.

Star Wars X-Wing Fighter

lego x wing

Replika 1:1 yang luar biasa dari X-Wing yang terkenal ini terbuat dari LEGO. Sama seperti Herobot 9000, X-Wing dibangun oleh pembangun master LEGO di fasilitas perusahaan di Kladno, Republik Ceko dan dibutuhkan total 17.336 jam kerja untuk menyelesaikannya. Model pemecahan rekor ini dirakit dari 5,3 LEGO single brick. Model ini diresmikan di Times Square untuk merayakan LEGO Star Wars animated TV special “The Yoda Chronicles”.

Satu hal yang pasti. Orang-orang gila ini yang membangun konstruksi gila ini nggak punya manual book. Mereka cuma ngeliat model dan bikin semua dengan otak kreatif mereka. Bener-bener gila!

Komentar