brusio

Kayak udah nggak ada lokasi lain aja deh.

Kereta adalah alat transportasi yang egois. Gimana nggak egois, puluhan bahkan ratusan kendaraan darat rela berhenti dan berjajar demi mendahulukan tuh kereta yang mau lewat. Kalo lo ngeyel, nggak mau berhenti, paling nyawa lo yang ikutan melayang.

Biasanya rel kereta dibangun di lokasi yang cukup jauh dari peradaban manusia biar nggak mengganggu lalu lintas dan meminimalisir resiko kecelakaan. Walaupun gitu, tetep aja ada beberapa perlintasan kereta yang dibangun di tempat nyleneh dan ekstrim banget nih.

1. Kereta yang lewat di tengah apartemen

china

Karena topografi yang unik dan kepadatan bangunan di Chongqing, China, para arsitek dan ahli tata kota punya ide yang gila buat membangun jalur kereta. Idenya adalah bikin rel yang lewat di tengah sebuah gedung apartemen setinggi 19 lantai. Lo bisa ngebayangin nggak sih, ada rel kereta yang memisahkan satu gedung jadi dua bagian?

Saat akan memulai pembangunan, ada dua pilihan. Pertama, menghancurkan apartemen itu buat bikin jalur kereta atau membersihkan dua lantai dan bikin terowongan agar kereta bisa lewat. Para ahli pilih opsi kedua.

2. Jalur kereta di jalan sempit

hanoi

Biasanya lo bakal berhenti beberapa meter dan beberapa menit sebelum ada kereta yang lewat. Terus gimana jadinya kalo rel kereta itu tepat ada di depan rumah lo? Hal itulah yang terjadi di Hanoi. Di sebuah jalan yang ramai dan cukup sempit, orang-orang hidup dan bekerja. Yups, mereka ngelakuin itu semua di samping rel kereta. Semua kegiatan bakal berhenti sebentar saat kereta melintas, kalo udah agak jauh, kegiatan berjalan normal lagi.

3. Kereta yang melintas di terowongan paling panjang di dunia

swiss alps

Jalur kereta bawah tanah paling panjang dan terdalam dibuka di Swiss pada tahun 2016 lalu. Butuh waktu hampir 20 tahun buat menyelesaikan proyek itu. Terowongan itu panjangnya mencapai 53 km yang menghubungan Eropa bagian utara dan selatan.

4. Kereta yang melintas di tengah landasan pacu pesawat

gisborne airport

Gisborne Airport adlah bandara regional yang ada di Gisborne, Selandia Baru. Ini adalah salah satu dari beberapa bandara di dunia yang dilewati oleh jalur kereta. Jangan khawatir bakal ada kecelakaan atau tabrakan antara pesawat dan kereta karena udah ada jadwal kok. Rel kereta itu cuma akan beroperasi pada jam 6.30 pagi dan 8.30 malam.

5. Kereta yang lewat di tengah perairan

hindenburgdamm

Hindenburgdamm adalah jalur yang dibangun di tengah laut yang menghubungkan pulau Frisian Utara dan daratan di Schleswig-Holstein, Jerman. Jalur itu dibuka pada tahun 1927 khusus buat perlintasan kereta. Sebelum jalur itu dibangun, sangat sulit buat menghubungkan dua wilayah itu karena air yang pasang.

6. Rel kereta bentuknya spiral

brusio

Brusio adalah rel satu jalur dengan bentuk spiral yang ada di Canton of Grabunden, Swiss. Jalur spiral itu sengaja dibuat karena lokasi yang telalu menanjak/menurun. Panjang rel ini sekitar 110 meter dengan tingkat kemiringan 7%. Ini adalah jalur yang dilewati kereta antara Brusio dan Campascio.

Komentar