gmail

Biar makin cepet kerjanya.

Siapa yang punya akun Gmail?? P! yakin pasti 1637653 dari 1637653 juta orang yang baca artikel ini punya akun email dari Gmail. Sebelumya sebagai pemakai akun konvensional pastinya lo menghabiskan waktu dengan mengirimkan email, ngapus email, nge-flag email dengan cara ngeklik kayak biasa. Tapi lo tau nggak kalo ternyata ada shortcut untuk melakukan itu semua supaya kerja lo lebih cepet. Tapi sebelum itu, jangan lupa buat turn on keyboard shortcuts di akun Gmail lo. Caranya dengan masuk ke setting/pengaturan -> keyboard shortcuts/pintasan keyboard -> (pilih) keyboard shortcuts on -> save changes/simpan perubahan.

Compose Messages/Tulis Pesan (c)

compose

Perlu ngirim email cepat? Alih-alih lo mencet opsi "compose/baru", cukup tekan "c" pesan baru bakalan muncul dengan tepat, siap dan menunggu dikirim ke penerima yang lo tuju.

Search for Messages/Mencari Pesan (/)

search

Perlu cari pesan tertentu? Langsung aja tekan tombol "/" dan perhatikan kursor lo secara ajaib muncul tepat di kolom search/pencarian. Tinggal tulis aja lo maunya cari email siapa. Gampang kan?

All Unread Messages/Pesan yang Belum Dibaca (Shift + 8 + u)

unread

Shortcut praktis ini memungkinkan lo untuk memilih semua pesan yang belum dibaca dalam satu waktu. kenapa ini berguna? Ya guna banget dong, apalagi kalo itu pesan penting dan banyak banget email yang masuk di Gmail lo. Tinggal teken shift + 8 + u , lo langsung bisa cari email penting tersebut atau mengelompokkan pesan yang belom lo baca ke satu folder.

Archive Selected Messages/Arsipkan Email (e)

archive

Apa inbox yang bersih adalah idaman lo? Gampang, setelah lo memilih semua pesan yang belum dibaca, dengan asumsi lo nggak perlu pesan tersebut atau lo pengen membacanya lagi. Tinggal klik "e" dan semuanya langsung terarsip.

Flag a Selected Message/Tandai Pesan (=)

flag

Biasanya lo punya email-email penting yang musti lo tandain dengan bendera atau bintang. Tapi saking banyaknya kadang lo ribet ngeklik satu persatu. Cara gampangnya tinggal teken "=" di tiap pesan yang mau lo tandain. Lebih cepet daripada ngeklik satu-satu.

Reply to a Message/Balas Pesan (r)

reply

Memperlancar proses respon email lo dengan shortcut mudah dan intuitif. Klik "r" dan kolom balas pesan langsung muncul di layar seketika.

Reply All/Balas Semua (a)

replyall

Pengen bales lebih dari satu penerima email sekaligus? Langsung aja teken tombol "a". Langsung deh masuk ke kolom reply all.

Forward a Message/ Teruskan Pesan(f)

forward

Pengen forward email? Cuma satu kunci yang paling gampang. Langsung aja teken "f" dan voila! Tinggal tulis penerimanya.

 

Ayok, cobain dah praktekin. Lumayan kan email meng-email jadi cepet selesai.

Komentar