brands

Yang mau bisnis, ada baiknya baca dulu.. yukk!

Salah satu yang menandakan sebuah bisnis dikatakan eksis salah satunya adalah dari logonya. Beberapa dari lo yang baru mau memulai bisnis pasti juga mikirin logo kayak apa nih yang mau dipake atau dibawa. Nih P! punya penjelasannya.

Gaya sebuah logo bisa dibagi menjadi lima kategori dasar yaitu, wordmarks, lettermarks, brandmarks, kombinasi marks dan lambang. Dijelasin satu-satu yaa..

1. Wordmark

mobi

Seperti yang lo liat diatas logo Mobil yang didesain oleh Chermayeff, Geismar dan Haviv pada tahun 1964 ini termasuk dalam kategori wordmark. Wordmark atau juga dikenal dengan logotype merupakan jenis logo yang paling sederhana. Biasanya didasarkan pada sebuah tulisan tangan, tanda tangan, font khusus atau banyak pengusaha kecil yang pake font gratis yang ada di internet. Contohnya kayak logonya Coca-Cola, Disney, Mobil, Canon, Sony, Visa, Google, Facebook, Yahoo dan Pinterest. Untuk merek-merek besar, kesederhanaan logo bisa mengartikan rasa percaya diri, pesan sejarah, dan stabilitas. Tapi, wordmark juga bisa jadi pilihan yang baik buat perusahaan startup, karena berisikan nama perusahaan dan membantu bikin terkenal juga.


2. Lettermark

cnn

Lettermark juga biasa disebut dengan monogram logo. Bedanya dengan wordmark, lettermark dibuat dari sebuah text tapi hanya berdasarkan inisial perusahaan atau merek. Contoh terkenalnya Cable News Network (CNN), Home Box Office (HBO), National Aeronautics and Space Administration (NASA), Procter & Gamble (P & G), dan Electronic Arts (EA). Seperti contoh yang ada, sebuah lettermark adalah pilihan tepat bagi perusahaan yang namanya sulit untuk diucapkan, atau terlalu panjang. Pertimbangan yang sangat penting apabila sebuah logo dibuat dan saat dibuka pad perangkat mobile. Memperpendek nama perusahaan yang panjang menjadi inisial juga akan mempermudah masyarakat untuk mengingat logo terutama di pasar global.

3. Brandmark

twitter

Juga dikenal sebagai tanda bergambar, sebuah logo yang tidak mengandung teks melainkan gambar, ikon atau simbol yang mewakili perusahaan atau merek. Contoh terkenalnya kayak siluet Apple, bullseye Target, Nike 'Swoosh', simbol Palang Merah dan panda WWF. Logo gambar bisa menjadi cara yang bagus bagi masyarakat untuk membentuk hubungan psikologis dengan merek dagang lo, karena otak merespons tingkat yang lebih dalam dan lebih naluriah terhadap gambar daripada teks tertulis, simplenya gambar itu perlu ditafsirkan. tapi inget, keberhasilan brandmark bergantung pada masyarakat tau atau nggak sama simbol gambar lo.

4. Kombinasi marks

adidas

Seperti namanya, tanda kombinasi melibatkan kombinasi nama merek dan simbol. Contoh yang terkenal kayak Adidas, Doritos, Lacoste, Pizza Hut, Xbox, McDonald's, Walmart, Microsoft dan Domino's Pizza. Kombinasi marks ini juga biasa disebut sama logotypes, artinya sebuah merek dapat menyampaikan gagasan visual tentang apa yang mereka wakili, dan juga membuatnya menjadi jelas artinya. Pilihan ini berguna banget untuk merek baru atau yang kurang terkenal. Kompleksitasnya juga mengartikan lebih mudah untuk merek dagang.

5. Lambang

starbucks

Seperti kombinasi marks, lambang juga melibatkan teks dan simbol, namun dalam kasus ini teks muncul di dalam simbol. Contoh lambang yang terkenal adalah logo Ford, Starbucks, Harley-Davidson, UPS, MasterCard, Burger King dan NFL. Lambang kurang fleksibel daripada kombinasi marks, karena elemen antara gambar dan nama perusahaan biasanya sulit dipisahkan. Secara historis biasanya digunakan oleh organisasi seperti sekolah, badan amal, tim olahraga atau agen pemerintah, dan menyerupai lencana atau meterai.

Bisa diliat kan ya bedanya? Jadi, sebelum menentukan mau bikin logo apa, yuk coba ditimbang-timbang kira-kira logo dasar mana yang paling cocok. Yang pasti harus sesuai dengan kepribadian atau sasaran bisnis lo ya.

Komentar