traveling3

Mudik tanpa tiket di tangan sih sama aja bohong.

Mudik buat sebagian orang Indonesia adalah hal yang penting yang musti dilakuin menjelang Idul Fitri. Semua berbondong-bondong buat pulang ke kampung halaman masing-masing, lepas kangen sama sanak keluarga yang udah lama nggak ketemu. Tapi, kalo nggak dipersiapin dengan baik, acara mudik bisa berantakan, apalagi kalo berhubungan dengan transportasi.

Dari sekian banyak hal yang harus dipersiapkan buat mudik, hal yang paling penting adalah menentukan pulang naik apa. Jika memilih kendaraan umum untuk pulang ke kampung halaman, coba deh beberapa tips berikut biar lo nggak dapat tiket yang harganya mencekik leher.

Pesan Jauh Hari

Jauh hari di sini maksudnya lebih dari dua bulan sebelum tanggal keberangkatan. Karena pada H-30, mustahil mendapatkan tiket transportasi umum. Kalo lo naik bus antar kota, tiket harus udah di tangan  minimal dua bulan sebelumnya. Kalo memilih naik pesawat atau kereta api. Maskapai penerbangan maupun KAI udah membuka loket penjualan tiket mudik sejak jauh hari, lo tinggal pesen langsung di situs resmi atau agen-agen perjalanan yang terpercaya.

Cek Media Sosial

traveling1

Sering kelewatan pengumuman pembukaan loket tiket kereta api dan promo pesawat buat mudik? Jangan males buat pantengin media sosial kayak Instagram, Twitter dan Facebook resmi dari KAI atau maskapai pilihan lo. Perusahaan transportasi biasanya ngasih pengumuman lewat media sosial. Kalo lo nggak cepet, bisa-bisa lo kalah sama netizen yang udah ngantri beli tiket.

Berburu Tiket Murah di Malam Hari

Setelah tahu kapan loket dibuka, siapkan diri lo buat begadang demi tiket pulang kampung. Kenapa? Karena di malam hari, kesempatan untuk mendapatkan tiket murah jauh lebih besar daripada siang hari. Nggak semua orang bisa begadang demi tiket pesawat, dan koneksi internet pun lebih cepet. Jadi kemungkinan lo menang perburuan tiket murah jadi lebih besar.

Pakai Promo Kartu Kredit

Gagal dapat tiket tengah malam, coba manfaatkan promo dari kartu kredit. Beberapa penyedia kartu kredit memberikan penawaran diskon untuk maskapai yang bekerjasama dengan mereka. Rajin-rajin cek promo dari maskapai dan kartu kredit. Kalo perlu, langganan newsletter dari masing-masing perusahaan untuk dapetin promo lebih cepet daripada media sosial atau iklan.

Pulang Tepat di Hari H atau Sesudahnya

Emang sih nggak banyak orang yang mau mudik tepat di hari Lebaran. Karena momen lebaran terasa nggak spesial kalo lo masih diperjalanan saat hari H. Padahal cara ini adalah yang paling memungkinkan buat dapetin tiket murah dan juga ketersediaan kursi. Tiket juga bakalan lebih murah lagi ketika lebaran selesai, kursi-kursi mulai longgar dan lo bisa liburan lebih lama di rumah. 

Beli Tiket Pulang Pergi

traveling2

Ketika lo mendapatkan akses untuk membeli tiket dan kursi tersedia, langsung beli untuk perjalanan pulang dan pergi. Kalo nggak gitu, lo bakal pusing nyari tiket di arus balik yang sama gilanya dengan arus mudik. Catet tanggal liburan lo dan langsung beli tiket untuk kembali ke kota asal sebelum kehabisan.

Tanpa tiket mudik di tangan, semua rencana perjalanan pulang ke kampung halaman tentu nggak ada artinya. Tiket adalah sarana utama untuk pulang, dan banyak yang rela membayar mahal buat ngedapetinnya. Kalo lo bisa mendapatkan tiket mudik murah dengan tips di atas, kenapa harus bayar lebih?

Ada yang punya tips lain buat berburu tiket mudik? Share yuk…

 

Foto : kenfauzy.tumblr.com, travelandleisure.com, blog.traveloka.com.

Komentar