ferrule

Lo pasti ngira benda ini nggak punya nama.

Ada banyak banget hal yang kita lihat dan bersentuhan sama kita tiap hari. Kalo disebutin satu per satu, nggak bakal ada habisnya. Ada yang sepele sampai yang besar banget. Kalo yang besar pasti lo udah tahu namanya. Nah, benda-benda sepele itu yang sering terlupakan dan nggak terlalu diperhatikan sampai-sampai namanya aja nggak banyak diketahui orang.

Biar lo jadi orang yang beda dari lainnya dan punya pengetahuan lebih, P! udah ngumpulin beberapa benda yang lo liat tiap hari tapi nggak diketahui namanya.Jangan kaget yah kalo namanya agak aneh atau bahkan susah buat diinget-inget.

1. Tanda titik di atas huruf 'i' dan 'j'

titik

Lo pasti nggak pernah kepikiran kalo titik itu punya nama yaitu 'jib'.

2. Kuku

kuku

Coba lo perhatikan kuku lo. Kalo lo nggak memotongnya sampai mepet ke daging, biasanya ada bagian berwarna putih susu. Bagian itu ternyata punya nama tersendiri yaitu 'lunule'.

3. Cahaya matahari

crepuscular rays

Walaupun nggak tiap hari, tapi sering banget ada momen di mana cahaya matahari muncul di sela-sela awan. Itu disebut 'crepuscular rays'.

4. Bagian dari pensil

pensil

Biasanya tiap pensil dilengkapi dengan karet penghapus. Nah, di antara karet penghapus sama pensil itu ada logam. Itu namanya 'ferrule'.

5. Sekat di jendela

jendela

Ada beberapa tipe jendela. Satu di antaranya adalah jendela yang dibikin seperti punya sekat atau jadi terbentuk beberapa kotak dalam satu jendel. Nah, sekat itulah yang disebut 'muntin'.

6. Jari yang lebih panjang

mortons toe

Sekarang, coba lo lihat jari-jari kaki lo. Beberapa orang punya jari kedua yang lebih panjang dari jempol kaki. Jari kedua itu punya nama tersendiri, yaitu 'morton's toe'.

7. Cahaya saat menutup mata

phosphenes

Lo pasti pernah ngalamin momen di mana lo ngeliat cahaya saat lo menutup mata dan naruh tangan ke kedua mata lo. Cahaya itu disebut 'phosphenes'.

8. Susah bangun

dysania

Ini udah jadi masalah banyak orang nih, susah bangun tidur di pagi hari. Kondisi itu disebut 'dysania'.

9. Jari

jari

Ruang yang terbentuk antara ibi jari dan jari terlunjuk disebut 'purlicue'.

10. Tali sepatu

aglet

Selama ini lo pasti tahunya cuma tali sepatu. Padahal, di ujung tali sepatu itu ada plastik yang membungkus si tali. Itu namanya 'aglet'.

Foto: BuzzFeed

Komentar