earth header

Belum tentu ada di RPAL

Mungkin lo udah tau kalo bumi itu bulat, air mengalir dari tempat yang tinggi ketempat yang rendah, dan dinosaurus adalah hewan purbakala. Fakta-fakta diatas adalah segelintir pengetahuan tentang bumi dan seisinya yang pernah lo pelajarin di bangku sekolah. Kalo lo gali lagi, banyak banget lho fakta tentang planet dimana lo berpijak ini. Biar tambah pinter, nih P! kasih tau

1. Gunung Everest bukan gunung paling tinggi di dunia.

everest

Tau nggak sih, ternyata gunung Mauna Kea di Hawaii ngalahin tingginya gunung Everest. Bagian terbesar gunung Mauna Kea ada dibawah permukaan laut. jadi kalo diukur dari pangkal ke puncak, Mauna Kea tingginya 10.203 meter. Which is, 1.355 meter lebih tinggi dari Gunung Everest.

2. Batas atmosfir bumi bisa terlihat.

atmostphere

Garis Kármán terletak pada ketinggian 100 km di atas permukaan laut. Meski tingkat atmosfer bumi jauh lebih tinggi, lewat World Air Sports Federation jalur ini adalah jalur yang diakui secara internasional sebagai batas antara atmosfer dan angkasa luar.

3. Tempat paling kering di dunia bukan di Gurun Sahara tapi ada di Antartika.

antartica

Banyak orang yang bilang kalo tempat paling kering ada di Gurun Sahara atau Gurun Atacama di Cile yang nggak pernah kedatangan hujan selama ribuan tahun. ternyata, ada lembah kering di Antartika bernama McMurdo yang nggak pernah hujan selama hampir 2 juta tahun. Kecepatan angin di sini bisa mencapai 320 km/jam.

4. Cuma ada 3% air tawar di muka bumi.

baikal

Lautan menguasai 97% air di bumi. Karena air laut asin jadi nggak cocok diminum. Sisanya, 3% total air tawar berasal dari gletser dan Danau Baikal di Rusia.

5. Kuil tertua di dunia usianya 12.000 tahun.

göbekli tepe

Göbekli Tepe adalah kuil tertua yang terletak di selatan Turki. Tim riset percaya bahwa ukiran pada pilar kuil menceritakan tentang komet yang jatuh ke bumi pada 11.000 juta tahun lalu.

6. 250 juta tahun lagi, semua benua di bumi bakalan jadi satu.

pangea ultima

pada zaman dulu Pangea, sebuah supercontinent yang ada 335-175 juta tahun yang lalu. Terbelah menjadi dua benua yang berbeda, membentuk Laurasia dan Gondwana. Kemudian, keduanya terbelah untuk membentuk ketujuh benua. Namun para ilmuwan percaya kalo benua tersebut bakalan jadi satu lagi dalam 250-300 juta tahun dari sekarang dan akan menjadi satu benua super yang disebut Pangea Ultima.

Gimana, udah tambah pinter?

 

Foto : Bright Side

Komentar