jaguar.jpg

Lebih canggih dan modern karena mesinnya berdaya listrik.

Sepertinya tren mobil dengan bahan bakar bensin setelah ini akan bergeser ke mobil elektrik, karena banyak produsen mobil yang berlomba-lomba membuat mobil dengan teknologi tersebut. Salah satunya adalah produsen mobil asal Inggris, Jaguar. 

jaguar2.jpg

Induk perusahaan Jaguar yakni Jaguar Lan Rover baru aja mengumumkan kalau semua mobil produksinya di tahun 2020 bakalan hadir dengan varian elektrik, baik hybrid maupun bertenaga listrik. Nah, mobil elektrik pertama Jaguar sendiri adalah I-PACE yang bertipe SUV dan bakalan rilis tahun 2018. 

Induk perusahaannya, Jaguar Land Rover, belum lama ini mengumumkan kalau semua mobil produksinya di tahun 2020 bakal hadir dalam varian elektrik, entah hybrid atau sepenuhnya bertenaga listrik. Mobil elektrik pertama Jaguar sendiri, I-PACE yang bertipe SUV, dijadwalkan mengaspal tahun depan.

Nah, tapi yang menarik itu adalah salah satu konsep Jaguar yang bernama E-type Zero. Kalau lo inget, E-type adalah salah satu roadster klasisk Jaguar di tahun 60an dan hits banget. Sampai-sampai Enzo Ferrari menobatkan seri ini sebagai mobil paling cantik di dunia. Saat ini, Jaguar telah melahirkannya kembali sebagai mobil elektrik dengan menambahkan "Zero" sebagai tanda dari nol emisi karbon. 

Model E-type Zero sama banget kayak versi klasiknya, lucu kan? Nggak cuma itu, bobot dan dimensi baterai lithium-ion yang disematkan di mobil ini sengaja dibuat mirip dengan mesin XK enam silinder milik E-type klasik. 

jaguar4.jpg

Jaguar membuatnya sama persis dengan klasiknya agar struktur mobil nggak berubah, begitu juga dengan suspensi dan rem-nya. Secara keseluruhan, E-type Zero punya berat total 46 kg, lebih ringan dari versi sebelumnya. Performanya pun juga berubah dari versi lamanya karena seri Zero dibekali motor elektrik 220 kW, akselerasi 0 – 100 km/jam dapat ditempuh E-type Zero dalam waktu 5,5 detik, lebih cepat sekitar satu detik dari versi klasiknya. Lalu ada baterai berkapasitas 40 kWh yang memungkinkan E-type Zero untuk menempuh jarak sejauh 270 km sebelum perlu di-charge kembali selama enam sampai tujuh jam.

jaguar1.jpg

Gilsss, asik banget kayaknya nih punya mobil listrik yang tinggal dicolok doang kayak nge-charge smartphone lo hehe. P! pengen nih, nanti aja nunggu durian runtuh dah.

Photo via media.jaguar.com

Komentar