mazda2

Bisa jadi pertimbangan sebelum beli mobil.

Ada yang berencana buat beli mobil dalam waktu dekat? Lo pasti udah mempertimbangkan banyak hal sebelum memilih satu mobil tertentu. Selain harga, lo juga harus tahu soal biaya perbaikan dan perawatannya nih. Jangan sampai lo beli mobil murah tapi begitu rusak biaya perbaikannya bikin lo makan mi instan selama sebulan penuh.

Menurut data Vehicle Healt Index dari CarMD, inilah deretan merek mobil yang biaya perbaikannya paling murah.

1. Mazda

2018 mazda 6

Di posisi teratas ditempati oleh mobil buatan Jepang yaitu Mazda. Menurut perhitungan, biaya perbaikan untuk mobil produksi Mazda rata-rata 287,70 dolar AS atau sekitar 4 jutaan. Di antara berbagai mobil yang diproduksi Mazda, 2013 Mazda MX-5 adalah mobil dengan biaya perbaikan termurah yakni 80 dolar AS.

2. KIA

kia

Via IOL

Dengan biaya perbaikan rata-rata 319,97 dolar AS, mobil dari Korea Selatan ini bisa jadi pilihan juga loh. Untuk model yang paling murah dalam hal biaya perbaikan adalah 2016 KIA Soul. Menurut catatan sih biayanya rata-rata cuma 70 dolar AS, angka ini lebih murah dibandingkan Mazda.

3. Dodge

dodge

Via dodge.ca

Selanjutnya ada brand asal Amerika nih. Para pemilik mobil ini juga nggak terlalu banyak nguras kantong untuk memperbaiki mobil ini. Rata-rata biaya yang dikeluarkan sekirar 326,41 dolar AS. Nggak beda jauh lah yah sama KIA.

4. Hyundai

hyundai kona 0003

Via inhabitat.com

Pada tahun 2017 lalu, Hyundai ada di posisi pertama sebagai mobil dengan biaya perbaikan termurah. Ehh tahun 2018 posisinya merosot. Data menyebutkan, biaya perawatan untuk mobil-mobil buatan Hyundai rata-rata 328,32 dolar AS. Nah, untuk mobil yang biayanya paling rendah adalah 2017 Hyundai Tucson. Biaya perbaikannya cuma di kisaran 66 dolar AS. Murah kan?

5. Chrysler

chrysler

Via chrysler.ca

Di posisi kelima, ada brand asa Amerika lagi nih. Yaps, ada Chysler. Biaya perawatan untuk kerusakan mesin sekitar 329,43 dolar AS.

Komentar