bugattii

Wah apa nih?

Bugatti dikenal sebagai salah satu perusahaan manufaktur mobil-mobil cepat yang super keren di dunia. Namun kesuksesan yang dimiliki sama Bugatti nggak melulu berjalan mulus kayak kulitnya Sailor Moon gitu aja. Ada banyak kesulitan juga yang dialami sama Bugatti selama masa mereka eksis di dunia otomotif.

Ngomongin soal Bugatti, ternyata sampai saat ini masih banyak fakta yang belum diketahui sama orang banyak. Tapi eh tapi, lo nggak usah risau dan merasa gundah gulana karena gue hadir di sini untuk membeberkan (ceilah membeberkan) fakta-fakta yang belum pernah diketahui sama orang banyak. Penasaran? Langsung sikat aja!

5. Perusahaan ini dibuat oleh Ettore Bugatti

bugattiii

Lo semua pasti nggak tau kan siapa itu Ettore Bugatti? Doi adalah seorang anak dari seorang seniman dan desainer terkenal pada masanya. Ettore adalah penemu perusahaan yang kita kenal sekarang sebagai Bugatti. Awalnya Ettore hanya mendesain sebuah mobil untuk perusahaan lain pada tahun 1899. Namun pada tahun 1909 doi memutuskan untuk membuka pabrik manufakturnya sendiri.

4. Bugatti 57SC Atlantic adalah mobil paling mahal di dunia saat ini

bugattii

Mobil ini dibuat pada tahun 1936 dan didesin secara personal langsung oleh anak Ettore Bugatti bernama Jean Bugatti. Mobil ini diperkirakan memiliki harga $144 juta loh!

3. Bugatti juga mendesain pesawat

bugatti

Menurut sejarahnya, Bugatti pernah membantu untuk membuat desain sebuah pesawat untuk beberapa perusahaan pembuat mesin pesawat Pemerintah Perancis setelah perang dunia pertama berhenti. Ettore sendiri dikatakan ingin membuat sebuah pesawat yang mampu mengalahkan Jerman di Deutsche de La Muerthe Cup Race pada saat itu.

2. Nama Chiron dan Veyron diambil dari nama pebalap Bugatti

chiron

Percaya nggak percaya, nama yang dipakai di dua mobil tercepat Bugatti ini diambil dari nama pembalab Bugatti. Bugatti Veyron diambil dari nama Pierre Veyron yang menjadi pebalab pada tahun 1932 dan nama Bugatti Chiron diambil dari nama Louis Chiron.

1. Bugatti sekarang dimiliki oleh Volkswagen

vw

Setelah Ettore Bugatti Wafat, dirinya menunjuk Pierre Marco untuk mengambil alih perusahaannya. Pierre bekerjasama dengan Roland Bugatti yang merupakan salah seorang anak dari Ettore. Namun keduanya malah membuat perusahaan Bugatti tidak berkembang. Lalu pada tahun 1956 perusahaan ini pun harus terpaksa ditutup sampa pada akhirnya di tahun 1888 Volkswagen membeli perusahaan ini dan voila! jadilah Bugatti yang lo kenal sekarang.

Pics from Hot Cars

Komentar