Ichitan Photo Competition

bola

Dari seneng jadi sedih deh

Kayak pemain bola pada umumnya, sehabis mereka bisa mencetak gol pasti ngelakuin yang namanya selebrasi. Mulai dari selebrasi yang biasa kayak lari ke pinggir lapangan terus pelukan rame-rame, sampe yang nggak biasa kayak benturin kepala ke lapangan (jangan ditiru ya). Nah, selebrasi yang dirayakan dengan bahagia, biasanya diakhiri dengan bahagia juga, kan? Tapi sayangnya, nggak berlaku demikian buat 5 pesepakbola yang harus kena sanksi karna melakukan selebrasi, ini dia!

1. Antoine Griezmann

Pemain andalan Atletico Madrid dan Prancis ini pernah kena sanksi dari Federasi Sepak bola Spanyol atau FEF karna selebrasinya. Griezmann memperlihatkan baju dalamnya yang bertuliskan “Feliz Cumple Gordita!” yang adalah ucapan selama ulang tahun untuk sang kekasih. Akibatnya, Griezman kena sanksi denda sebesar 3.000 Euro atau sekitar 42,3 Juta! Ini nih selebrasinya:

2. Emmanuel Adebayor

Mantan pemain Arsenal ini melakukan selebrasi yang kontroversial ke gawang Arsenal pula. Jadi waktu itu, Adebayor baru pindah dari Arsenal ke Manchester City. Kala kedua tim bersua, Adebayor mencetak gol untuk City. Abis membobol gawang Arsenal, Adebayor melakukan selebrasi dengan sengaja berlari ke arah gawang Arsenal yang di belakangnya dipenuhi oleh supporter Arsenal.

Federasi Sepak bola Inggris langsung menjatuhkan denda dan larangan bertanding sebanyak dua laga.

3. Frederic Kanoute

Federasi Sepak bola Dunia emang punya peraturan bahwa sepak bola nggak boleh disangkut-pautkan dengan masalah politik dan agama. Tapi hal itu nggak digubris sama Kanoute saat dia main di Sevilla. Sama seperti Griezmann, Kanoute menunjukkan baju dalamnya yang bertuliskan “Palestina”

Kanoute langsung diganjar kartu kuning oleh wasit karena selebrasinya.

4. Robbie Fowler

Legenda Liverpool ini juga pernah melakukan selebrasi yang kontroversial. Fowler melakukan selebrasi itu kala Liverpool bertemu dengan Rival abadi, Everton tahun 1999. Fowler melakukan selebrasi sujud dan seperti menghirup rumput lapangan. Doi langsung didenda sebesar 60.000 Pound dan larangan bertanding selama empat laga.

Konon, Fowler melakukan selebrasi tersebut karena kesal dituduh menggunakan narkoba sama supporter Everton.

5. Giorgios Katidis

Menurut P! Doi yang paling kontroversial. Katidis yang waktu itu membela AEK Athens berjumpa Veria di lanjutan liga Yunani musim 2013. Katidis melakukan selebrasi gaya ala hormat Nazi.

Akibat selebrasi ini Katidis dapet hukuman dari Federasi Sepak bola Yunani. Sanksi nya nggak tanggung-tanggung, larangan bermain seumur hidup buat tim nasional Yunani. Mirisnya, Katidis ngaku kalo dia nggak mengetahui kalo gaya tersebut berkaitan sama Nazi.

 

Itu dia selebrasi-selebrasi kontroversial yang ending-nya kurang bahagia. Mungkin para pemain bola harus lebih memikirkan matang-matang selebrasi yang bakal dia tampilin kalo bisa cetak gol!

 

Komentar