Selamat untuk Modric!

Luka Modric berhasil mematahkan dominasi Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi selama satu dekade terakhir dalam peraihan titel FIFA Ballon d’Or. Melansir dari Squawka, gelandang tengah Real Madrid itu berhasil memenangkan FIFA Ballon d’Or 2018, diikutin oleh Cristiano Ronaldo di peringkat 2 dan Antoine Griezmann di peringkat 3.

“Ini adalah perasaan yang unik. Saya memiliki perasaan sensasional dalam diri saya saat ini yang sulit saya gambarkan,” ujar Modric setelah meraih penghargaan Ballon d’Or 2018.

Sebelumnya, selama sepuluh tahun sejak 2008 FIFA Ballon d’Or selalu dimenangkan oleh dua pesepakbola terbaik, Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi. Keduanya selalu bergantian memenangkan Ballon d’Or. Total perolehan sampai 2017 lalu adalah keduanya sama-sama telah mengangkat 5 trofi Ballon d’Or.

Pemenang Ballon d’Or terakhir sebelum dominasi CR7 dan G.O.A.T adalah gelandang serang asal Brasil, Ricardo Kaka. Performa apiknya bersama AC Milan pada musim sebelumnya menjadikan Kaka meraih Ballon d’Or kala itu. Ia berhasil memenangi Liga Champions dan menjadi top skor pada Liga Champions musim itu.

Kali ini, Luka Modric mengukir sejarah baru sebagai pemain yang menghentikan duopoli Ronaldo dan Messi. Modric meraih poin sebesar 753, sedangkan Ronaldo yang berada di posisi kedua memperoleh poin sebesar 476. Rival Ronaldo, Messi, yang berada di peringkat kelima hanya memperoleh 280 poin.

Modric pada musim lalu berhasil membawa Real Madrid menjuarai Liga Champions dalam 3 musim berturut-turut. Tidak hanya itu, namanya berada dalam Team of The Season dan Midfileder of The Season Liga Champions 2017.

Dalam Piala Dunia 2018 di Rusia, Modric juga berhasil menggendong Kroasia menuju final. Meski gagal mengangkat tropi Piala Dunia, gelar Golden Ball atau pemain terbaik Piala Dunia 2018 ia berhasil raih.

Faktor-faktor itulah yang mungkin membuat kapten timnas Kroasia itu berhasil meraih Ballon d’Or kali ini. Selamat untuk Modric!

Komentar