ina vs malay

Selamat buat Malaysia!

Tim Nasional atau Timnas Indonesia dan Malaysia emang sering banget terlibat dalam duel panas di setiap pertemuannya. Nggak terkecuali saat di Piala AFF. Di edisi Piala AFF 2018 ini, Indonesia emang nggak sempet ketemu sama Malaysia secara mereka beda grup. Boro-boro mau ketemu, lha wong Indonesia aja gagal lolos ke semifinal.

Apakabar Timnas Malaysia saat Indonesia gagal total? Yaps beda dari Indonesia yang kalah dari Thailand di fase grup, nggak usah disebutin aja ya skornya daripada sakit hati, Malaysia malah berhasil membungkam Thailand di babak semifinal.

thailand vs malaysia changsuek fb wew
via affsuzukicup

Emang sih Malaysia nggak bisa menang dalam dua pertemuan. Di pertemuan pertama yang digelar di kandangnya, Stadion Bukit Jalil, Kuala Lumpur, Malaysia cuma bermain imbang tanpa gol dengan Thailand. Untungnya saat bertandang di Stadion Rajamangala, Bangkok, Malaysia bisa mencetak gol dan memaksakan kedudukan berakhir dengan skor 2-2 (5/12/2018).

Berarti Malaysia lolos ke final dong? Yoi, Harimau Malaya melangkah mantap ke final karena unggul produktifitas gol di kandang lawan dari Gajah Putih. Padahal, Thailand sebenernya nggak bermain jelek-jelek amat kok. Thailand juga sempat unggul duluan berkat gol bunuh diri pemain bertahan Malaysia yang baru masuk, Irfan Zakaria di menit ke-21.

dtqg81huuaa866l wew
via affsuzukicup

Malaysia balik mengancam Thailand dan menciptakan gol balasan tujuh menit kemudian lewat tendangan jarak jauh yang sangat kencang dan akurat dari Syahmi Safari. Babak pertama berkahir imbang 1-1. Thailand kembali unggul lewat Pansa Hemviboon di menit ke-63. Delapan menit kemudian, Malaysia kembali menyamakan kedudukan berkat gol Norshahrul Idlan.

dtqg8x9vsaa2yvd wew
via affsuzukicup

Skuat Gajah Putih sebetulnya bisa lolos ke final andai penalti Adisak Kraisorn tak melambung jauh terbang tinggi bersama mimpi di atas mistar gawang Malaysia yang dikawal Farizal Marlias. Skor 2-2 bertahan dan Malaysia tinggal menunggu pemenang antara Vietnam dan Filipina.

dtqg8x8v4aak7us affsuzukicup
via affsuzukicup

Pada akhirnya, para suporter atau orang-orang yang mencintai sepakbola Indonesia nggak perlu iri atau nyinyir sama keberhasilan Malaysia. Terima saja kenyataan kalo sepakbola Indonesia sudah semakin tertinggal untuk level Asia Tenggara. Iya, belum Asia! Nggak perlu buru-buru deh buat Indonesia mengejar prestasi. Berkaca saja dulu dan perbaiki bersama-sama setiap elemen, baik di PSSI dan semua sistem pembinaannya. Proyek jangka panjang yang tersusun rapi dijamin akan lebih ciamik dari sekadar program instan berjangka pendek.

Komentar