kevin marcus josssssssssssssssss top

Berkat kerja keras dan totalitas!

Tahun 2018 tinggal menyisakan beberapa hari lagi dan Rangkaian BWF World Tour sudah mendekati akhir. Kini para pencinta badminton tinggal menunggu BWF World Tour Final 2018 yang bakalan super greget karena menjadi puncak dari rangkaian 25 BWF World Tour sepanjang tahun 2018, mulai dari BWF World Tour Super 100, 300, 500, 750 hingga super 1000. BWF World Tour Final bakal digelar di Guangzhou, Tiongkok, pada 12-16 Desember 2018.

Sebelum ajang itu resmi dimulai, P! mau ngajakin lo buat flashback sedikit tentang raihan para atlet di tahun 2018. Siapa aja sih pebulutangkis yang emang bisa tampil konsisten dan rajin mencapai penampilan terbaiknya? Kira-kira atlet Indonesia udah pada memuaskan belum sih?

1. Zheng Siwei / Huang Yaqiong

Zheng Siwei / Huang Yaqiong
via BWF World Championships

Biasanya Indonesia selalu menghadapi lawan berat dari China. Hanya saja, belakangan ini China nggak lagi mendominasi di berbagai sektor, kecuali di ganda campuran. Yaps, semua berkat kiprah ganda campuran China, Zheng Siwei/Huang Yaqiong. Pasangan ini sukses menjadi momok di berbagai turnamen. Ganda campuran yang mulai dipasangkan pada akhir 2017 itu selalu sukses menyabet gelar juara. Di tahun 2018 ada sembilan gelar yang berhasil diraih, mulai dari Indonesia Masters, Malaysia Open, Kejuaraan Dunia, Asian Games, Japan Open, China Open, Denmark Open, French Open, dan Fuzhou China Open. Raihan ini membuat mereka menempati peringkat satu di klasemen BWF Wourld Tour Final 2018.

2. Yuki Fukushima / Sayaka Hirota

Djarum Badminton yes
via Djarum Badminton

Meskipun berstatus nomor satu dunia, Yuki Fukushima/Sayaka Hirota gagal tampil di BWF World Tour Finals 2018 karena kalah poin dari Misaki Matsutomo/Ayaka Takahashi di detik-detik terakhir. Ini adalah bukti kalo Jepang emang kuat banget di sektor ganda putri. Yang perlu lo ingat, Yuki Fukushima / Sayaka Hirota berhasil masuk tujuh dinal dan berhasil menang di lima kesempatan sepanjang 2018. Goks!

3. Kento Momota

kento joss
via The Japan Times

Buat yang belom tahu, Kento mengawali tahun 2018 dengan berada di peringkat 48. Belum lagi, Kento pernah terlibat skandal judi ilegal yang membuatnya dihukum Federasi Bulu Tangkis Jepang. Kunci dari keberhasilan Momota adalah berlatih rutin saat menjalani hukuman. Kento juga berhasil tampil konsisten dan meraih banyak gelar seperti Indonesia Open, Fuzhou China Open, Denmark Open, sampai Kejuaraan Asia. Saat ini Kento menempati ranking pertama dunia tunggal putra.

4. Tai Tzu Ying

BWF tai ying
via BWF

Delapan gelar yang diraih menjadi bukti bahwa Tai Tzu Ying terlalu mendominasi di sektor tunggal putri. Atlet asal Chinese Taipei ini berhasil membawa pulang Kejuaraan Asia, Malaysia Terbuka, Indonesia Open, Asian Games 2018, Indonesia Masters, All England, China Terbuka, dan Denmark Terbuka.

5. Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon

FOX Sports Asia 1054313462 594x594
via FOX Sports Asia

Yaps, sulit rasanya kalo ngomongin prestasi tanpa menyebut nama Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon. Kevin/Marcus sukses besar dalam mendominasi sektor ganda putra pada 2018. Minions mengoleksi sembilan gelar pada tahun ini. Pastinya, mereka berada di peringkat satu dunia untuk sektor ganda putra.

Semoga aja yah, di tahun 2019 nanti para atlet Indonesia bisa lebih fokus dan konsisten di setiap ajang. Jadi nggak cuma Minions aja yang jadi andalan di masa mendatang. Pasti pengen kan lihat nama-nama seperti Jonatan Christie, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto, atau Anthony Sinisuka Ginting mengharumkan nama Indonesia? Selamat berjuang yah!

Komentar