Congrats Juan Mata!

Dilansir dari Daily Mail, Juan Mata menerima penghargaan “Ratu Sofia”saat upacara di Madrid atas dedikasinya mendirikan badan amal besutannya, Common Goals. Penghargaan tersebut diberikan langsung oleh Ratu Sofia di El Pardo Palace, Madrid (10/1).

Mata tersenyum ketika Ratu Sofia sendiri menghadiahkan piala besar kepadanya, lebih mirip dengan Piala FA daripada penghargaan kerajaan. Tetapi itu adalah bukti bahwa hasil kerjanya tentu tidak luput dari perhatian dan membuat sebuah terobosan yang berbeda.

Common Goals adalah badan amal yang didirikan oleh Juan Mata pada 16 Agustus 2017. Anggota-anggota Common Goals terdiri dari orang-orang yang terlibat dalam dunia sepak bola, baik pemain maupun manajer sebuah tim. Tidak hanya laki-laki, banyak juga pesepak bola wanita yang tergabung dalam Common Goals.

Tujuan utama Common Goals adalah menyumbangkan 1% dari gaji anggotanya untuk disumbangkan ke lembaga-lembaga swadaya masyarakat. Mata tidak sendiri dalam mendirikan badan amal ini, ia juga dibantu oleh Street Football World, organisasi internasional yang mendukung jaringan penggerak perubahan melalui sepak bola.

Common Goals hingga kini memiliki lebih dari 426 anggota. Beberapa di antaranya adalah pemain-pemain bintang seperti Juan Mata sang pendiri, pemain bertahan Bayern Munchen Mats Hummels, dinding Juventsus Giorgio Chiellini, serta pemain Asia pertama yang bergabung dengan Common Goals, Shinji Kagawa.

Komentar