Congratulations Manchester United!

Manchester United berhasil mencuri poin saat laga tandang menghadapi Tottenham Hotspurs di Wembley pada Senin dini hari tadi (14/1). Dalam pertandingan tersebut gol tunggal Marcus Rashford serta 11 penyelamatan gemilang dari David de Gea membawa United meraih 3 poin penuh.

Tottenham membawa skuad utama mereka untuk menghadapi Setan Merah yang sedang on fire setelah sebelumnya memenangkan 5 pertandingan di semua kompetisi secara beruntun. Anak asuh Ole Solskjaer juga tak ingin menghadapi Spurs dengan skuad seadanya. Namun, Romelu Lukaku tidak dimasukkan ke dalam starting XI oleh Solksjaer.

Di babak pertama, keduanya bermain saling serang. Spurs sempat beberapa kali mengancam gawang De Gea. Pada menit 31, crossing dari Trippier kepada Dele Alli yang dituntaskan oleh Kane menjebol gawang De Gea. Sayang, posisi Kane sudah melewati garis offside terlebih dahulu sehingga hakim garis mengangkat bendera kuning.

The Red Devils di bawah nakhoda Solskjaer tidak menyajikan permainan “parkir bus” seperti yang sering diterapkan oleh Jose Mourinho dulu. Serangan-serangan balik seringkali membuat suporter Spurs tegang.

Kekhawatiran pendukung tuan rumah pun terjadi. Di penghujung babak pertama, umpan lambung Pogba dari tengah lapangan menuju Rashford dapat diselesaikan dengan baik. Rashford yang hanya dikawal satu bek Spurs langsung berlari dan melesatkan tendangan ke pojok kiri gawang Lloris. Kapten timnas Prancis tersebut tidak bisa mengantisipasi sepakan keras Rashford.

Babak kedua menjadi ajang unjuk gigi bagi kedua kiper. Spurs benar-benar bermain ngotot dengan terus menyerang gawang De Gea. Pada menit 66, Dele Alli yang melakukan dribel cepat langsung menembak menuju gawang De Gea. Sayang, De Gea masih terlalu kokoh bagi Alli.

Tidak sampai di situ, pada menit 74 Alli kembali membuat De Gea bekerja lebih keras. Di depan mulut gawang, Alli yang kembali melakukan shooting lagi-lagi gagal akibat refleks De Gea yang begitu baik. Pada menit 86, Kane yang berada di dalam kotak penalti penuh dengan jersey merah melakukan tembakan yang kembali bisa ditahan oleh De Gea.

Rasa frustrasi menghampiri seluruh pemain Spurs beserta suporternya. Hingga akhir laga, skor tetap 1-0 bagi Manchester United. Kemenangan ini membuat Solskjaer mecatatkan rekor baru. Kemenangan 6 kali secara beruntun sejak melatih United membuatnya melewati rekor Sir Matt Busby yang hanya meraih 5 kemenangan beruntun.

Man of The Match: David de Gea

Penampilan yang sangat baik dari De Gea membuatnya terpilih sebagai MoTM (Man of The Match) dalam laga dini hari tadi. Di laga tersebut, De Gea mencatatkan total 11 penyelamatan. Hal itu merupakan penyelamatan terbanyak dalam laga Premiere League di musim ini.

“Saya bahkan tidak ingat beberapa penyelamatan sehingga saya tidak bisa memilih yang terbaik. Manajer membawa beberapa kebahagiaan, para pemain bermain dengan baik dan tim sangat kuat sekarang,” ujar De Gea yang dilansir dari Sky Sport. “Ini adalah Manchester United yang sesungguhnya,” lanjutnya.

Sebelumnya, kiper timnas Spanyol tersebut juga pernah menorehkan rekor penyelamatan terbanyak sepanjang karier profesionalnya. Total 14 penyelamatan berhasil ia lakukan saat menghadapi Arsenal di Emirates Stadium pada 2 Desember 2017. Kala itu, United berhasil mengalahkan Arsenal dengan skor akhir 3-1.

Komentar