alysa liu 1

Yass gurl!!

Pernah nonton I, Tonya? Yup, film ini menceritakan bagaimana Tonya Harding menjadi figure skater pertama yang dapat menyelesaikan dua lompatan triple axel dalam Winter Olympics tahun 1992. Lompatan ini susah dan beresiko lho, jadi wajar aja nggak semua skater bisa melakukannya. Sekarang, ada fenomena mengagumkan lagi dari dunia ice skating. Perkenalkan Alysa Liu sang pemecah rekor.

alysa liu triple axel
Alysa Liu saat melakukan lompatan triple axel

Pada 2016, bocah 10 tahun itu menjadi juara skating intermediate termuda dalam sejarah A.S. Pada 2018, pada usia 12 tahun, Liu menjadi yang termuda dan memenangkan, kejuaraan ice skating junior AS. Pada tahun yang sama, dia juga wanita termuda yang pernah mendaratkan triple axel dalam kompetisi internasional.

alysa liu 2

alysa liu 3

Pada tanggal 25 Januari 2019, skater setinggi 143 cm ini, membuat sejarah sekali lagi sebagai juara skating nasional termuda yang pernah ada di Geico U.S. Women's Figure Skating Championships yang diadakan di Detroit, Michigan. Rekor sebelumnya dipegang oleh Tara Lipinski, yang mencapai prestasi pada tahun 1997 pada usia 15 tahun dan sekarang usianya udah 36 tahun. Kebayang kan belum ada yang ngalahin Tara sebelum akhirnya dipatahkan oleh Liu.

alysa liu 4Reaksi Alysa Liu dan pelatihnya Laura Lipetsky saat melihat skor final yang menempatkannya di tempat pertama

alysa liu 5(ki-ka) Juara dua Bradie Tennell, Alysa Liu, tempat ketiga Mariah Bell dan tempat keempat Hanna Harrell berpose dengan medali mereka di U.S. Figure Skating Championships.

Sayangnya, Liu nggak bisa bersaing di 2019 World Figure Skating Championships di Saitama, Jepang karena persyaratan usia minimum 15 tahun. Ironisnya, ia juga nggak bisa ikut 2019 World Junior Figure Skating Championships di Zagreb, Kroasia karena usianya masih 5 minggu lebih muda untuk masuk proses eliminasi tanggal 1 Juli nanti.

Tapi hal tersebut nggak bikin Liu berkecil hati. "Saya tidak terlalu khawatir tentang hal itu karena saya mendapatkan lebih banyak waktu untuk berlatih lompatan, keterampilan skating, spin, dan mencoba untuk belajar lebih banyak." Sukses Liu!!

Photo by GETTY IMAGES | GREGORY SHAMUS, Time Magazine, Pillowfort

Komentar