Chelsea mengawali tahun 2019 dengan buruk.

Masa depan Manajer Chelsea Maurizio Sarri berada di ujung tanduk setelah Chelsea harus dipecundangi Manchester City dengan skor telak 6-0 di Etihad Stadium pada Minggu (11/2) dini hari. Ia merasa “selalu berisiko” akan dipecat dari kursi kepelatihan The Blues pasca kalah dari City.

“Saya tidak tahu, Anda harus bertanya kepada klub. Saya khawatir dengan tim saya. Saya khawatir dengan performa, tetapi pekerjaan saya selalu berisiko sehingga saya tidak khawatir tentang itu. Anda harus bertanya klub,” kata Sarri yang dikutip dari Standard.

Chelsea mengawali tahun 2019 dengan buruk. Dalam tiga laga tandang terakhir di Premiere League, London Biru tidak mencatatkan satu pun gol ke jala lawan. Mereka malah kemasukan total 12 gol. Seluruh kebobolan itu dikoleksi dari 2 gol saat melawan Arsenal, 4 gol saat melawan Bournemouth, dan terakhir kekalahan telak 6 gol di Etihad.

Sarri membuat awal yang menggembirakan untuk masa jabatannya. Di tangan Sarri, Chelsea tidak terkalahkan setelah 12 pertandingan pertama mereka di liga. Namun, kini The Blues telah menghilang dari perburuan gelar dan menghadapi perjuangan untuk finis di empat besar.

Ada sebuah fun fact tentang Sarri dan Chelsea. Selama kepelatihannya di Chelsea, ia sama sekali belum pernah berbicara dengan pemilik klub London tersebut, Roman Abramovich. Sarri berkata akan senang jika ditelepon oleh bos Chelsea.

“Jika presiden menelepon, saya akan senang, mengingat saya tidak pernah mendengar darinya. Sejujurnya, saya tidak tahu harus berharap apa,” ujar Sarri yang dikutip dari Sky Sports.

Pembuktian Sarri

Ujian masih menanti pelatih berkebangsaan Italia tersebut. Chelsea bakal menghadapi beberapa klub besar di sisa bulan ini. Pekan depan mereka harus menjamu Manchester United yang sedang on fire di tangan Solskjaer.

Di akhir pekannya, sekali lagi Sarri harus bertemu Aguero dan kawan-kawan. Mereka bakal saling memperebutkan piala liga yang dikenal dengan nama Carabao Cup. Jika diibaratkan game, hal ini berarti Sarri harus merubah “META” (Most Effective Tactic Available) agar dipermalukan untuk kedua kalinya.

Belum sampai di situ, akhir bulan mereka bakal menghadapi klub tetangga Tottenham Hotspurs di Stamford Bridge. Sebelumnya Chelsea berhasil menyingkirkan Spurs dari Carabao Cup lewat adu penalti.

Apakah Sarri bisa melewati semua ujian tersebut?

Komentar