20190331 1252 indiaopen2019 bpjs4698

Kekuatan kali ini lebih merata.

Praveen Jordan bersama Melati Daeva Oktavianti akan kembali menjadi andalan Indonesia di Piala Sudirman 2019. Yaps, walau sudah tidak ada lagi pasangan emas Tontowi/Liliyana karena Liliyana sudah pensiun, pasangan ganda campuran sudah siap untuk menyumbang angka.

Menilik dari turnamen yang sudah diikuti sebelumnya, pasangan ganda campuran Indonesia memang sudah semakin matang secara permainan. Selain Praveen/Melati, ada juga pasangan seperti Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widjaja dan Tontowi Ahmad/Winny Oktavina Kandow yang mulai mencuri perhatian.

299a0b72 fb21 47c3 93ce b1291e7ef670

Praveen sendiri mengatakan bahwa saat ada Liliyana, kemungkinan Indonesia untuk mendapat poin sangat besar. "Sekarang kemungkinan juga pasti ada, tapi sebelumnya lebih diunggulkan," kata Praveen di laman resmi PBSI.

Di sisi lain, Praveen merasa percaya diri karena tim Indonesia untuk Piala Sudirman 2019 ini lebih solid dari sebelumnya di tahun 2017. Perlu diingat, kala itu Indonesia terhenti di babak grup karena kalah agregat dari Denmark dan India. Bukan tanpa alasan, Praveen memang lebih yakin karena para pemain Indonesia sudah siap main, termasuk para pemain sudah kembali pulih dari cedera.

20190331 1323 indiaopen2019 bpmp4661

Mengenai persiapan, Praveen mengatakan bahwa ia dan seluruh pemain memang tidak punya banyak waktu untuk latihan. Soal chemistry, ia dan Melati sudah tak mempunyai masalah dan sudah punya pengertian yang baik. Hanya saja, Praveen perlu mematangkan permainan yang kadang suka berubah di lapangan.

Berada satu grup dengan Denmark dan Inggris, Praveen mengatakan bahwa tim Indonesia akan lolos ke perempat final. Walau sempat bertemu dan menang dari Chris Adcock/Gabrielle Adcock, Praveen tetap waspada. Sementara, Praveen belum pernah bertemu dengan pasangan Denmark yang baru.

20190331 1347 indiaopen2019 bpjs0058

Praveen juga menilai bahwa kekuatan di sektor ganda dari seluruh negara sebenarnya merata, kecuali pasangan rangking satu dan dua dunia. Zheng Siwei/Huang Yaqiong dan Wang Yilyu/Huang Dongping dinilai Praveen masih menjadi lawan yang sulit dikalahkan.

Siwei/Yaqiong dinilai masih lebih unggul dari rasa percaya diri. "Jadi mau mukul seperti apapun mikirnya masuk. Kalau dilihat hasil, kami kalau ketemu Yilyu/Dongping, kami kalahnya pun membuat mereka capek juga. Ketemu Siwei/Yaqiong hampir menang di All England 2019. Lebih ke faktor pede, bukannya kita nggak pede ya, mereka lebih pede." Walau demikian, Praveen menilai tekanan sebenarnya berada di kedua lawannya tadi karena pasti saat ini sudah banyak pasangan yang ingin mengalahkannya.

Bila semua berjalan normal dan para pemain bisa tampil maksimal, Praveen yakin Indonesia bisa lolos ke perempat final Piala Sudirman. Kita doakan yang terbaik untuk Indonesia yah, semoga bisa bawa pulang Piala Sudirman 2019!

photo via PBSI

Komentar