umb galeri piala sudirman 2019 greysia apriyani 1 of 9

Harus lebih berani!

Indonesia dipastikan lolos ke perempat final Piala Sudirman 2019 dan akan menghadapi lawan kuat, Taiwan pada Jumat (24/5). Indonesia lolos ke babak perempat final setelah menjadi juara grup 1B, sedangkan Taiwan adalah runner up di grup 1C.

Pertandingan di babak perempat final tentu tak akan mudah bagi siapapun, termasuk Indonesia. Berkaca dari laga terakhir di fase grup, Indonesia kesulitan meraih poin dan harus menyerah dari Denmark dengan skor 3-2.

Ada baiknya, Tim Indonesia mengambil keputusan yang lebih 'berani' saat melawan Taiwan besok. Khusus di sektor ganda campuran yang sama sekali belum menyumbang poin, tim pelatih harus sigap mengambil keputusan.

thumb galeri piala sudirman 2019 vs uk 13 of 15

Perlu diketahui, Indonesia sebenarnya punya banyak opsi untuk memainkan pemain di sektor ganda campuran. Mulai dari Tontowi Ahmad, Hafiz Faizal, Gloria Emanuelle Widjaja, Praveen Jordan, Melati Daeva Oktavianti, hingga Winny Oktavina Kandow. Bahkan, pemain seperti Greysia Poli dan Kevin Sanjaya Sukamuljo pun sanggup mengisi sektor ini mengingat keduanya pernah dipasangkan di beberapa kompetisi.

Tak perlu menyalahkan siapapun, satu yang pasti Indonesia harus berani mengambil risiko dan tampil keluar dari zona nyamannya. Pemilihan pemain sebisa mungkin harus mempertimbangkan berbagai faktor kesiapan, baik mental, stamina, maupun kualitas permainan. Jangan hanya mengandalkan rekor pertemuan dengan lawan saja, karena ini terbukti gagal diterapkan saat Indonesia melawan Denmark.

galeri piala sudirman 2019 latihan 3 22 of 41

Taiwan bahkan punya pemain jempolan pada sektor tunggal putri yang diisi pemain peringkat satu dunia, Tai Tzu-ying, serta sektor tunggal putra dengan Chou Tien-chen. Ini artinya sektor tunggal putri harus tampil lebih lepas dan berani mengambil risiko. Sementara itu, ada baiknya Indonesia memainkan Jonatan Christie di tunggal putra karena grafik permainannya di beberapa turnamen terakhir terus meningkat.

Untuk sektor ganda putra dan ganda putri, Indonesia bisa dibilang masih unggul dari segala aspek. Hanya saja, Indonesia harus tetap waspada dan menurunkan pemain yang paling siap. Semoga saja duel ini bisa menjadi awal yang baik bagi Indonesia. Bila lolos ke semifinal, Indonesia semakin menemui rintangan yang berat karena harus berjumpa dengan pemenang antara Thailand vs Jepang.

photo via badmintonindonesia.org/PBSI

Komentar