ak lcw2 1306

Thank you Dato, happy retirement!

Mantan pebulu tangkis nomor satu dunia Lee Chong Wei baru saja mengumumkan pengunduran dirinya dari bulu tangkis profesional setelah 19 tahun berkarier. Keputusan itu tidak mengejutkan bila melihat kondisi kesehatannya beberapa waktu belakangan.

"Hari ini semua orang akan mengetahui maksud saya untuk mengadakan konferensi pers ini. Saya ingin mengumumkan bahwa saya pensiun dari olahraga bulu tangkis profesional setelah 19 tahun saya berkarier di sini," kata pria berusia 36 tahun itu saat konferensi pers di Menara KBS, Kamis (13/6).

"Itu adalah keputusan yang sulit untuk dibuat, tetapi saya tidak punya pilihan setelah berkonsultasi dengan dokter di Jepang baru-baru ini bulan lalu," ujarnya. "Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada seluruh warga Malaysia. Saya ingin berterima kasih kepada banyak orang KBS, ISN. Saya ingin berterima kasih kepada semua pelatih saya, Datuk Misbun Sidek, Datuk Tey Seu Bock," kata Chong Wei sambil berusaha menahan air mata.

d86lw2lu0aavonb
via BadmintonTalk

Chong Wei didiagnosis menderita kanker hidung pada Juli tahun 2018 lalu. Setelah menjalani perawatan di Taiwan, ia sempat mengumumkan dalam konferensi pers pada bulan November bahwa ia tidak berniat untuk pensiun dan akan meraih kejayaan di Olimpiade untuk terakhir kalinya di Tokyo tahun depan.

Lee Chong Wei kini akan pensiun sebagai legenda bulu tangkis yang memiliki banyak kenangan indah. Ia adalah peraih medali perak Olimpiade sebanyak tiga kali di Beijing 2008, London 2012 dan Rio de Janeiro 2016.

d86ohewuwaazgha
via BadmintonTalk

Meskipun ia sempat kembali melanjutkan latihan pada awal Januari dan menargetkan comeback di kompetisi bergengsi All-England pada Maret dan Malaysia Open pada April 2019, rencananya tetap gagal terlaksana. Yang teranyar, latihan singkatnya terganggu dan dia tidak terlihat di lapangan selama enam minggu.

Lee Chong Wei memberikan pertanda terbesar soal pensiunnya ketika ia menulis pantun Melayu untuk Hari Raya Idul Fitri melalui Instagram, Rabu lalu (5/6). "Chong Wei dah cuba sedaya upaya; Emas Olimpik tidak terdaya; Kepada semua Selamat Hari Raya; Mohon maaf atas segalanya," tulis Chong Wei.

badminton mas lee 05 2789875 414099 20190613133235
via thesundaily

Ada suatu titik ketika Chong Wei menunjukkan dia berada di jalur yang benar untuk comeback. Ia muncul di Facebook pada tanggal 4 April untuk menegaskan kembali keinginannya untuk bersaing di Olimpiade dan melanjutkan persaingan lamanya dengan Lin Dan dari China.

Unggahan itu berisi tanggapan terhadap pernyataan Lin Dan bahwa Chong Wei adalah alasan dia untuk terus memberikan penampilan terbaiknya. Tetapi setelah gagal beberapa kali untuk mendapatkan lampu hijau dari dokternya, Chong Wei datang untuk membuat sebuah keputusan akhir yang terbaik untuk dirinya.

lee chong wei lin dan 455
via The Star Online

Selain medali emas Olimpiade, Chong Wei sekarang juga akan mundur tanpa gelar juara dunia. Chong Wei hanya sanggup menjadi runner-up dalam tiga Kejuaraan Dunia di London (2011), Guangzhou (2013) dan Jakarta (2015).

Tapi tidak ada satupun yang bisa menghilangkan fakta bahwa Chong Wei adalah salah satu pebulu tangkis tunggal pria terbaik yang pernah ada di dunia. Secara keseluruhan, ia telah mengantongi 69 gelar sepanjang karirnya. Itu termasuk 46 gelar yang mengejutkan di Superseries, yang menjadi turnamen level tertinggi di Badminton World Federation (BWF).

rfh 6638
via thestar

Lee Chong Wei juga menghabiskan 349 minggu, termasuk 199 minggu berturut-turut dari 2008-2012 sebagai pemain nomor 1 dunia. Para penggemar pasti akan kehilangan beberapa skill yang sudah menjadi ciri khas Lee Chong Wei seperti tight net play dan smash cross-court smash.

photo header via straitstimes

Komentar