roger federer 070819

Rispek!

Roger Federer baru saja mencatatkan namanya dalam sejarah setelah mengalahkan Kei Nishikori di perempatfinal Wimbledon, Kamis (11/7). Petenis asal Swiss itu menjadi petenis pertama di dunia yang sanggup memenangkan 100 pertandingan tunggal putra di Grand Slam.

Di pertandingan itu, Federer mengalahkan Nishikori dengan skor 4-6, 6-1, 6-4, 6-4 pada Grand Slam lapangan rumput ini di All England Club London. Hasil ini juga membuat Federer masuk semifinal untuk ke-13 kalinya.

Federer berhasil melewati Jimmy Connors, petenis Amerika Serikat yang sudah lama pensiun. Connors punya catatan 98 kemenangan di Amerika Terbuka.

Melalui situs ATP Tour, Federer mengatakan bahwa momen ini sangat istimewa, terutama karena ia sudah bertahun-tahun menjalani kompetisi ini. "Ini juga semakin berarti bagi saya karena saya meraih catatan ini sebelum memasuki semifinal untuk menghadapi Rafa (Rafael Nadal),” kata Federer.

roger federer wimbledon 2019 z 1
via FOX Sports Asia

Menilik rekor pertemuan Nadal dan Federer, keduanya sudah 39 kali bertemu. Nadal sejauh ini lebih unggul dengan memenangkan pertandingan sebanyak 24 kali.

Di sisi lain, Federer lebih unggul bila melihat rekor pertemuannya dengan Nadal di Wimbledon. Federer sudah dua kali menang dan hanya satu kali kalah dari Nadal. Federer juga sudah delapan kali menjuarai Wimbledon, sementara Nadal hanya dua.

Federer menilai duel mendatang akan menghadirkan banyak adu strategi. "Saya memiliki banyak informasi mengenai Rafa, begitu juga sebaliknya. Dalam dua hari ke depan, kami akan beradu taktik permainan seperti orang gila," kata Federer.

photo header via BusinessWorld

Komentar