klopp 46546464gg images

Well-deserved!

Manajer Liverpool, Jurgen Klopp mengatakan bahwa dia menyukai cara cerdas timnya ketika mengalahkan Red Bull Salzburg dengan skor 2-0 untuk mencapai babak 16 besar Champions League sebagai pemuncak klasemen Grup E, Rabu (11/12).

Sang juara bertahan, yang membutuhkan setidaknya satu poin untuk lolos ke fase gugur, kesulitan mencetak gol di babak pertama melawan tim yang telah mencetak 87 gol dalam 24 pertandingan. Sederet peluang emas didapatkan Mohamed Salah dan Naby Keita, tapi penyelesaian akhir yang buruk membuat peluang itu terbuang begitu saja.

Di babak kedua, Naby Keita berhasil menebus kesalahan tepatnya pada menit ke-57. Ia menyundul masuk bola hasil umpan silang Sadio Mane sekaligus membuatnya membobol gawang Red Bull Salzburg yang notabene adalah mantan klubnya. Sejak itulah kita bisa melihat bahwa hanya ada satu pemenang di pertandingan ini.

keita firmino 436636 images
via Sky Sports

Mohamed Salah memastikan kemenangan Liverpool 100 detik kemudian dengan sentuhan kaki kanan yang luar biasa dari sudut ketat yang begitu mustahil untuk mencetak gol. Yaps, sepertinya Mo Salah memang lebih suka mencetak gol dengan cara yang tidak masuk akal dibanding dengan peluang mudah satu lawan satu dengan kiper di depan gawang.

"Aku menghargai apa yang dilakukan Salzburg," kata Klopp. "Aku tahu bagaimana orang melihatnya - kalian berpikir bahwa menjadi tim terbaik di Austria adalah hal yang 'OK'.

"Lalu kalian melihat betapa bagusnya mereka, betapa baiknya mereka di pertandingan pertama (The Reds menang 4-3 di Anfield), seberapa bagus mereka melawan Napoli dan Genk dan kemudian kami bisa datang ke sini sebagai pemenang.

"Dan aku menyukainya, aku benar-benar menyukai bahwa timku sangat pintar sehingga mereka mendengarkan instruksi dan mereka melakukan pergerakan seperti itu. Salzburg luar biasa kuat, terutama di babak pertama, tetapi kami juga siap untuk pertarungan itu.

"Di babak kedua, lawan tidak bisa mengatasi intensitas. Kami mencetak dua gol indah. Kami seharusnya bisa mencetak enam atau tujuh gol yang gila. Kami menjuarai grup, kami memenangkan pertandingan, semuanya berjalan bagus."

Pasukan Klopp memang membutuhkan tiga poin untuk memuncaki grup karena pesaingnya, Napoli, mengalahkan Genk dengan skor telak 4-0.

Di babak 16 besar, The Reds akan menghadapi lawan yang juga tak kalah menyulitkan. Jadwal dan duel babak 16 besar baru akan diundi pada hari Senin di Nyon, Swiss. Real Madrid dan Atletico Madrid akan menjadi lawan yang tergolong sulit untuk Liverpool di babak selanjutnya.

photo header via TEAMtalk

Komentar