ina 34645747 wow seag53 x600

Sorotan tertuju pada wasit.

Indonesia kembali memperpanjang mimpi dan penantiannya untuk meraih medali emas cabang sepak bola SEA Games 2019. Pada laga final SEA Games 2019 yang digelar di di Stadion Rizal Memorial, Manila, Filipina hari Selasa (10/12), Indonesia kalah telak 0-3 dari Vietnam. Sayangnya, duel ini tidak berjalan bersih.

Vietnam tertekan sejak awal pertandingan, tapi mereka 'menghalalkan' segala cara untuk bisa meredam serangan Indonesia. Permainan keras menjurus kasar pun menjadi bagian dari strategi pertahanan Vietnam. Sampai-sampai, kita bisa melihat beberapa momen kontroversial berikut ini.

1. Permainan kasar Doan Van Hau.

evan dimas 45647 wow seag53 x600

Pada menit ke-20, Evan Dimas sedang berupaya mengatur tempo dan memberikan umpan pada rekannya. Tiba-tiba, Doan Van Hau datang dengan sangat terlambat untuk menerjang kaki Evan Dimas, yang dalam tayangan ulang jelas-jelas sudah tidak menyentuh bola. Wasit sama sekali tidak memberi kartu merah, kuning, atau bahkan teguran pada Van Hau. Mirisnya lagi, di akhir laga, kita semua bisa melihat Evan Dimas harus menggunakan bantuan kursi roda untuk berjalan.

2. Gerakan menyikut dari Tan Sinh.

Beberapa kali, Tan Sinh terlihat melakukan pergerakan yang sangat membahayakan pemain lawan. Hal yang paling terlihat adalah ketika Tan Sinh menyikut Firza Andika. Ia bahkan terlihat tertawa setelah melakukan aksi kasar tersebut yang lagi-lagi tidak disikapi secara tegas oleh wasit.

3. Intimidasi.

inda 436664 wow seag52

Di pertandingan Indonesia vs Vietnam, beberapa kali terlihat Saddil Ramdani, Osvaldo Haay, dan bahkan Egy Maulana Vikri yang baru masuk di babak kedua mengalami duel yang berujung intimidasi. Pergerakan mereka kerap dicegat dengan gerakan pemain Vietnam yang terlampau agresif sehingga membuat pemain Indonesia terkapar. Sayangnya, pemain Indonesia juga kurang cerdik untuk bisa mengatasi duel kotor ini hingga sedikit banyak memengaruhi pola permainan pasukan Merah Putih.

Memang, apapun alasannya, kekalahan tetaplah kekalahan. Vietnam berhasil meraih medali emas SEA Games perdananya dan Indonesia masih harus berjuang dua tahun lagi untuk meraih emas di cabang sepak bola. Hanya saja, apalah arti kemenangan tanpa permainan yang cemerlang?

photo via PSSI

Komentar