manu almunia 0 arsenals german goalkeeper jens lehmann 657585

Cerita masa lalu nih.

Manuel Almunia akhirnya blak-blakan soal hubungan buruknya dengan Jens Lehmann di Arsenal. Kedua kiper ini diketahui sama-sama pernah berjuang untuk mendapatkan tempat di starting line-up The Gunners sejak Almunia datang pada tahun 2004.

Lehmann sudah terlebih dulu berada di klub satu musim sebelumnya. Ia mempertegas posisinya sebagai kiper nomor satu Arsenal menyusul kepergian legenda klub, David Seaman. Almunia direkrut oleh manajer Arsenal saat itu, Arsene Wenger dari klub Spanyol Celta Vigo untuk menjadi kompetitor Lehmann.

Almunia mengakui bahwa pada awalnya persaingan itu menjadi sebuah hubungan kerja yang baik dan sehat. "Jadi ketika aku tiba di Arsenal dan menemukan penjaga gawang super yang merupakan salah satu idolaku dan salah satu penjaga gawang favoritku, aku benar-benar merasa tidak percaya bisa berada di sini," kata Almunia. "Aku menemukan pemain super profesional dengan karakter kuat, seorang pemenang, dan aku benar-benar menikmati (bekerja dengannya)."

manu almunia 0 uefa champions league final arsenal v barcelona 55u56657ryge

Meskipun Wenger lebih menyukai Lehmann dan sering mengandalkannya pada tahun-tahun pertama, Almunia akhirnya menggeser posisi kiper yang pernah menjadi pemenang Piala Dunia tersebut. Momen krusial ini terjadi tepatnya di musim 2007-08, yang membuat Lehmann pindah ke klub lain di musim berikutnya.

Momen yang paling buruk adalah ketika Lehmann dan Almunia terlibat pertengkaran dalam sesi latihan pertengkaran. Insiden ini menyebabkan keduanya semakin jarang berkomunikasi. Lehmann dan Almunia bahkan hanya sering melakukan percakapan basa-basi.

“Masalah muncul ketika aku sangat bersemangat dan sangat bugar, berlatih dengan baik, dengan begitu banyak energi. Pada saat yang sama, Lehmann tidak memiliki waktu terbaiknya di Arsenal, jadi ketika Arsene Wenger memutuskan untuk mengubah kiper nomor satu, tentu itu adalah hal yang normal," tambah Almunia.

“Dia adalah penjaga gawang Tim Nasional Jerman, punya nama besar. Sementara aku adalah penjaga gawang kecil dari Spanyol yang datang dan menyulitkannya - mungkin dia berpikir, 'Apa-apaan ini? Ini tidak mungkin.'Jadi ya, kami mengalami saat-saat yang sulit."

Almunia juga secara jujur mengungkapkan bahwa dia secara teratur berharap Lehmann akan membuat kesalahan agar dia mendapat kesempatan bermain. Menurut Almunia, hasrat itu merupakan hal yang normal di antara kiper yang bersaing. Meski demikian, Almunia juga 'merasa kasihan' ketika Lehmann mendapat kartu merah dan hanya bermain 17 menit di final Champions League 2006.

Terlepas dari kompetisi itu, Almunia menjelaskan momen ketika mereka akhirnya berpisah dengan baik setelah menghadiri makan malam klub bersama istri masing-masing.

“Mereka (Lehmann dan istrinya) mengajak kami berbicara selayaknya teman, seperti orang baik. Lalu aku memandangi istriku dan berkata, 'Apakah kamu bisa percaya dengan hal ini?' Pastinya, sejak saat itu kami memiliki hubungan yang sangat baik."

Almunia pensiun dari sepakbola pada tahun 2014 karena mendapat diagnosis masalah jantung setelah bermain dua tahun dengan Watford. Dia sekarang menjadi pelatih kiper tim yang bermarkas di Abu Dhabi, Al Jazira FC.

photo via Mirror

Komentar