robertson lfc 5745868 sgsgy 2.49504449

Lanjutkan perjuangan!

Andrew Robertson mengatakan bahwa ada pengorbanan besar yang dilakukan tim di luar lapangan untuk bisa membawa Liverpool menjadi tim Premier League yang belum terkalahkan di musim ini. Catatan Liverpool juga semakin istimewa karena mereka sudah satu tahun lebih tidak terkalahkan di Premier League.

Saat ini, The Reds unggul 14 poin di puncak klasemen setelah gol tunggal Roberto Firmino di babak pertama memastikan kemenangan 1-0 Liverpool atas tuan rumah Tottenham. Hasil ini pun memperpanjang rekor tak terkalahkan Liverpool menjadi 38 pertandingan liga.

Dengan koleksi 61 poin dari total 63 poin selama 21 pertandingan Liga Inggris musim ini, Liverpool bahkan telah membuat catatan yang terbaik untuk memulai musim di sebuah liga dari lima liga top Eropa. Kemampuan Liverpool untuk bertahan dan melakukan serangan menjadi faktor kunci dalam kesuksesan mereka, dan Robertson percaya itu bukan kebetulan.

"Semua pemain yang ada di tim tidak memiliki perbedaan," kata pemain yang juga akrab dengan sapaan Andy Robertson ini. “Sebagai pesepakbola, kita harus menginvestasikan segalanya, termasuk menginvestasikan hidup ke dalam sepak bola.

“Ini adalah karier yang singkat dan tidak ada pemain yang suka berada di ruang perawatan. Bagiku, aku memasukkan semuanya ke dalam sepak bola untuk memastikan aku bisa bermain di pertandingan atau bersiap bila diperlukan. Itulah yang selalu aku lakukan.

"Aku tidak minum selama musim berjalan, tapi jangan salah, ketika musim berakhir, aku punya beberapa minggu. Lagipula aku orang Skotlandia.

“Gaya hidup, aku selalu makan dengan baik dan memperhatikan apa yang aku makan. Selama musim ini aku berusaha untuk tidak melakukannya dan itu penting karena para pemain perlu berinvestasi dengan tubuhnya.

“Itu adalah hal yang paling penting. Ada tim di belakang kami di Melwood (tempat latihan Liverpool) yang setiap hari memastikan tubuh kami siap dan bugar seperti yang kami bisa."

robertson klopp 645ts 56e6e 54y456e e6e 2.49274089

Mengenai apakah rekan satu timnya juga menghindari alkohol, dia menjawab: “Aku tidak bisa memberi tahu kalian. Aku tidak mengitari rumah mereka, tapi aku rasa mereka juga melakukan hal sama.

“Semakin tinggi intensitas permainan maka semakin sulit, terutama karena jumlah laga yang kami punya. Kami semua mencoba menginvestasikan segalanya di dalam sepak bola dan itulah mengapa kalian melihat selama masa-masa sulit dan sibuk selama Natal, kami memang terlihat segar, karena pemulihan yang sangat tepat."

Liverpool saat ini juga berada di jalur yang tepat untuk menyamai pencapaian Arsenal pada musim 2003-2004 yang berhasil melalui musim tanpa terkalahkan, tetapi Robertson menganggap itu bukan target utama.

"Kami akan membiarkan kalian mengatakan itu. Kami tidak akan mengatakan target itu karena mengingat pertarungan sengit antara kami dan Man City yang berlangsung musim lalu," kata Robertson.

"Apa cara yang harus dilakukan agar Man City tidak melewati kami lagi? Kami akan berusaha untuk tidak terkalahkan dalam setiap pertandingan. Liga ini sangat sulit.

"Mungkin kadang-kadang kami membuat pertandingan terlihat mudah, tapi percayalah itu tidak sepenuhnya benar - sangat sulit untuk tampil melawan setiap tim yang ingin mengalahkanmu.

"Semakin lama berjalan, semakin banyak orang ingin mengalahkanmu - 'kami mengalahkan Liverpool' atau apa pun yang ada di pikiran mereka.

Tim asuhan Jurgen Klopp di musim ini sepertinya ditakdirkan untuk berada di buku-buku sejarah seiring dengan pencapaian luar biasa mereka, tetapi Robertson menegaskan bahwa itu bukan yang utama. “Ya, jika kami memecahkan rekor di perjalanan, maka itu adalah hal yang bagus, tapi kami akan melihat itu sebagai sesuatu yang luar biasa jika kami bisa mendapatkan trofi,” katanya.

“Karena musim lalu kami memecahkan rekor dalam hal clean sheet dan berakhir dengan tangan kosong di Premier League. Catatan tidak berarti apa-apa kecuali jika kamu bisa mendapatkan tujuan akhir, semoga musim ini harapan kami bisa terwujud."

photo via Fourfourtwo

Komentar