wayne rooney 67868696 says he should have ruled himself out of 2006 world cup

Akibat terlalu banyak tekanan.

Mantan bintang Tim Nasional Inggris, Wayne Rooney kehilangan sentuhan terbaiknya selama Piala Dunia 2006. Ia bahkan gagal mencetak gol dan mendapatkan kartu merah saat kalah dari Portugal di perempat final.

Belakangan, Wayne Rooney mengakui bahwa ia seharusnya tidak terlibat dalam skuad Timnas Inggris di Piala Dunia 2006 karena masalah kebugarannya saat itu. Banyak yang diharapkan dari mantan bintang Manchester United ini setelah penampilannya yang sensasional di Euro 2004, di mana seorang Rooney remaja berhasil mencetak empat gol untuk mencuri perhatian di kancah internasional.

Namun, setelah menderita cedera kaki dalam sebuah pertandingan Liga Inggris dua bulan sebelum Piala Dunia, Rooney kehilangan sentuhan magisnya di Piala Dunia yang digelar di Jerman itu. Rooney bahkan mengakhiri Piala Dunia 2006 dengan memalukan ketika ia dikeluarkan dari lapangan karena melakukan pelanggaran pada Ricardo Carvalho di perempat final melawan Portugal.

rooney 68768699 argentinian referee horacio elizendo gives a red card to english forward wayne rooney 2nd r as en

Dalam sebuah wawancara dengan The Times, Rooney, yang sekarang bermain dan menjadi asisten pelatih untuk Derby County, mengatakan bahwa ia seharusnya tidak ikut Piala Dunia itu sejak awal.

"Bila melihat ke belakang, aku seharusnya tidak memaksakan diri pergi ke Piala Dunia itu," kata Rooney pada The Times. "Dalam posisi yang sama, aku akan mengesampingkan diri sendiri dan tidak akan ikut ke Jerman. Itulah sebabnya jika Euro tetap digelar pada musim panas ini, aku akan mengatakan kepada Harry Kane dan Marcus Rashford bahwa semuanya akan sia-sia sekali pun mereka sudah berjuang dengan cara apapun (untuk sembuh dari cedera).

"Mungkin sebagai individu, bermain di sebuah turnamen adalah hal yang baik, tetapi sebaliknya, itu mungkin bukan hal yang baik untuk tim (jika ada sesuatu yang dipaksakan)."

rooney 658655675650000 0 wayne rooney says he should have ruled himself out of 2006 world cup

Mantan pujaan publik Old Trafford itu mengakui bahwa ia merasa berada di bawah tekanan untuk tampil bagi negaranya sehingga ia tetap bermain ketika tidak berada dalam level kebugaran yang terbaik. "Tentu saja, (ada tekanan) kalau melihat ke masa itu," tambahnya. "Saat itu aku berusia 20 tahun dan itu adalah Piala Dunia pertamaku. Ada begitu banyak harapan yang ditujukan padaku.

"Itu adalah situasi yang mustahil dan jika aku memiliki pemain senior yang mengatakan kepadaku supaya aku tidak pergi, aku tidak akan mendengarkannya. Namun, aku belajar bahwa kita harus 100 persen bugar untuk memberikan pengaruh dan kebaikan pada tim, dan sayangnya aku tidak pernah mendekati level kebugaran 100 persen di Jerman."

Foto-foto: Mirror

Komentar