fnf satu hal

Melihat sisi lain Pepeng 'Naif' di proyek musik terbarunya. 

Bagi para Retropolis atau KawaNaif nama Franki Indrasmoro Sumbodo pasti sudah nggak asing lagi. Yups, drummer dari grup band Naif yang akrab dipanggil Pepeng ini ternyata punya satu proyek musik nih bernama Frank N’ Friends atau disingkat FNF.

FNF sebenarnya sudah dijalankan Pepeng sejak tahun 2008 silam. Namun proyek musik solo Pepeng bersama teman-temannya ini berhenti di tengah jalan akibat banyak faktor. Salah satunya adalah kesibukan dirinya bersama NAIF, apalagi ditambah dengan kesibukannya di industri novel grafis dan cerita gambar yang ia tekuni sejak tahun 2009.

Pepeng selain bisa bermain drum dan membuat komik, ia juga yang disebut sebagai pembuat lirik di beberapa lagu hits Naif seperti lagu “Posesif”, “Benci Untuk Mencinta”, “Mobil Balap”, dan “Piknik 72”. Kini, melalui FNF, Pepeng mencoba menuangkan karya-karya musik yang bisa dibilang sisi lain dari dirinya.

Dalam proyek musik FNF, Pepeng pun menonjolkan sisi seninya sebagai penulis lagu. Sebagai perkenalan akhirnya di penghujung tahun 2019, FNF pun memperkenalkan satu karya berupa single berjudul “Satu Hal”.

Proyek musik yang berisikan rekan-rekan musisi Pepeng seperti Muhammad Arief Bakrie dari band rumahsakit mengisi bagian vokal, Agus Budhi Prasetyo pada gitar, Hanafi Imamusu pada bass, dan Catur Septembrianto sebagai pemain keyboard, mencoba menggambarkan sisi romantis Pepeng yang bertemakan cinta. Di mana, FNF mencoba menuangkan perasaan seseorang yang sedang jatuh cinta di lagu “Satu Hal”.

“Satu hal yang ku tahu, satu yang ku perduli, bahwa bila oh denganmu aku sungguh cinta,” tulis FNF di lirik lagu "Satu Hal".

Untuk musiknya sendiri, sudah jelas. FNF berbeda sekali dengan materi-materi lagu yang Pepeng buat untuk Naif. Lebih ngepop dan sound yang disuguhkannya pun terdengar modern dengan balutan suara-suara strings section, piano dari keyboard dan synthesizer.

“Ini adalah program yang cukup panjang. Idealnya album FNF nanti akan berbentuk fisik, tapi awalnya dirilis dulu per single digital setiap dua bulan sekali sampai enam lagu terlempar,” terang Pepeng mengenai proyek musiknya ini.

Rencananya dalam album perdananya mendatang Franki N’ Friends akan melibatkan beberapa rekan musisi lainnya.

“Dan Insya Allah akan diakhiri dengan full album fisiknya yang berisi enam lagu itu, plus beberapa materi lainnya. Featuring siapa saja? Tunggu kabar selanjutnya,” tambahnya.

Single “Satu Hal" sendiri telah ditulis Pepeng sejak 2010 silam dan bekerjasama dengan TenT Music Studio dalam proses rekaman. Bagi yang penasaran dengan Franki N Friends langsung aja kepoin website resmi mereka di www.fnfproject.com , Instagram serta Facebook @franki.indrasmoro dan @fnfprojectdotcom.

Kayak apa lagu “Satu Hal” dengerin di berbagai layanan musik streaming favorit kalian.

 

(Artwork: dok. FNF)

Komentar