thumb profilephoto1

Ajak masyarakat lebih peduli alam dan lingkungan sekitar.

Ketika salah satu personil band ingin mengeksplorasi musik lebih jauh lagi, kadang kala yang dilakukan adalah membuat proyek musik baru dengan bersolo karir atau membuat band baru.

Nah, kali ini Dias Widjajanto yang dikenal sebagai vokalis band Glaskaca mencoba berbicara lebih banyak hal tentang sifat pribadinya atau mengeksplorasi referensi pribadi nih lewat proyek musik solo yang diberi nama Tradeto.

Pada 20 Desember 2019 lalu, Dias melalui Tradeto memperkenalkan single solo perdana berjudul “Semu” dengan musik bernuansa alternatif berbasis elektronik. Jika didengarkan nih, single perdana Tradeto ini banyak terinspirasi dari Thom Yorke dan Bon Iver dengan gaya ketukan yang terdengar ganjil dan layer piano serta synthesizer yang saling mengisi.

Melalui single “Semu”, Tradeto sendiri mencoba membicarakan isu yang selama ini Dias dalami yakni mengenai alam dan lingkungan. Tradeto mengajak para penikmat musik agar sadar dan tidak terlambat merespon apa yang terjadi dengan alam dan lingkungan sekitar hidup kita.

“Sebagai manusia yang biasa saja kita hanya bisa bantu sebisanya, namun untuk mereka yang punya kesempatan untuk dapat membantu lebih pun tidak mau mengeluarkan sedikit pun untuk membantu. Namun disangkutkan dengan sifat manusia itu sendiri, selalu terlambat dalam menyadari sesuatu dan aan selalu telat akan sesuatu, maka terdapat lirik ‘duniawi ka sampai mati’,” cerita Dias melalui surat elektronik.

Selain itu, Dias menambahkan bahwa: “Isu alam itu selalu dipandang sebelah mata oleh masyarakat dan kesadaran manusia akan isu alam sangatlah minim, seakan tak ada sama sekali.”

Dalam proses penggarapan single “Semu” sendiri, Tradeto dibantu oleh Rayhan Noor dalam mengisi bagian pada gitar dan proses mixing dikerjakan oleh Wisnu Ikhsantama di Soundpole. Selain itu ada juga nih deretan musisi dan pelaku musik muda Indonesia yang dilibatkan dalam voice note seperti Baskara Putra, Bilal Indrajaya, Bayu Adisapoetra, Dimas Muhammad, Akbarry Noor, Cindy Lauw, Danang Joedodarmo, dan Sahid Permana.

Bagi yang penasaran dengan karya solo perdana dari Dias Widjajanto a.k.a Tradeto, langsung aja dengerin di berbagai layanan musik streaming favorit kalian. Single "Semu" dirilis oleh label rekaman Sun Eater.

(Foto: dok. Tradeto)

Komentar