minor

Ajak masyarakat lebih peduli akan alam.

Selain Jakarta, Bandung, Surabaya, dan Yogyakarta, kota Malang bisa dibilang menjadi salah satu kota di Pulau Jawa yang memiliki seniman atau musisi yang cukup ‘bersuara’. Seperti tiro elektronik satu ini bernama Minor. Grup yang beranggotakan Berry (Narator), Furqon (vokal), dan Kholif (gitar, synth) baru aja melepas single perdana berjudul “Disertasi Alam”.

Dalam lagu ini, Minor mencoba meramu musik dengan lirik yang berisikan kondisi sosial di Indonesia, di mana Minor mencoba menceritakan kegelisahannya tentang eksploitasi alam yang terjadi di berbagai hutan di Indonesia. Selain itu, untuk menggambarkan lirik lagu “Disertasi Alam”, Minor pun melepas satu video musik yang memperlihatkan kondisi hutan, pegunungan serta laut yang ada di Indonesia.

Penggarapan video musiknya, Minor dibantu oleh rekan-rekan dari Yayasan Bhakti Alam Tigawarna Malang dan Canborneo.id dari Kalimantan Timur.

“Lagu ini merupakan bentuk ajakan pencegahan deforestasi (avoided deforestation). Seperti data dari Badan Pusat Statistik, sejak tahun 2014 -2018 luas lahan di Indonesia terutama Kalimantan dan Sumatera telah berkurang hingga 2,6 juta hektar. Dengan ini kami (Minor), mengajak para penikmat musik untuk mencegah pengurangan hilangnya hutan dan perubahan, eksploitasi alam yang berlebihan seperti produksi dan ekspor batu bara Indonesia yang mencapai 7,2 persen untuk dunia. Padahal, cadangan Indonesia hanya memiliki 2,2 persen dari porsi dunia,” ujar Minor melalui surat elektronik.

Minor juga menyayangkan jika program Green Industry, seperti kendaraan listrik serta penggunaan panel-panel surya belum merata ke berbagai pelosok di tanah air. Sehingga hal tersebut dinilai menjadi babak baru dan menjadi kepentingan politik dua kubu.

Dengan merilis single “Disertasi Alam”, Minor berharap semua lapisan masyarakat bisa makin peduli akan alam dan tidak ada lagi perusakan hutan yang mengakibatkan perubahan iklim ekstrim yang belakangan ini dirasakan oleh semua manusia di belahan dunia.

Kayak apa lagu dan video musik “Disertasi Alam” dari Minor? Langsung aja simak di bawah ini:

(Foto: dok. Minor)

Komentar