Ichitan Photo Competition

dhira bongs

Dibuat saat berada di Kyoto.

“Berjuang”, dari satu kata ini sebuah cerita menarik tercipta. Manusia pasti akan berjuang untuk mendapatkan hal yang didambakannya. Sedih, senang, susah, pasti akan dilewati, dan seluruh siklus tersebut akan kita alami ketika kita sedang berjuang.

Dari kata “Berjuang” tersebut, solois Dhira Bongs terinspirasi membuat satu karya terbaru yang ia beri judul "Strugglin".  Liriknya ia didedikasikan kepada pejuang-pejuang kehidupan, agar dapat tetap semangat dan pantang menyerah dalam menjalani kehidupan.

Kalimat-kalimat yang Dhira nyanyikan di dalam lagu “Strugglin” ini seolah-olah ia berbincang dengan pendengarnya yang sedang membutuhkan semangat di saat self esteem-nya rendah.

Ia memberikan kata-kata yang membuat pendengar sadar akan arti perjuangan. Siapa sangka juga ternyata melalui single ini ia sedang berbincang dengan dirinya sendiri.

Cerita dalam pembuatan lagu ini pun terjadi ketika Dhira Bongs berada di Kyoto pada saat sedang menjalankan Japan Tour  2017, September lalu. Dhira mengungkapkan Japan Tour 2017 tersebut bagaikan jawaban dari doanya ketika ia kehilangan  self  esteem dalam berkarier di dunia musik.

Dhira merasa setiap lagu yang dibuatnya pada tempat yang berbeda-beda memiliki keistimewaan tersendiri. Ia menganggap Jepang telah membantunya untuk menciptakan lagu ini.

Dhira Bongs juga memproduseri sendiri lagu ini dengan dibantu oleh Canggar Krisnatry sebagai Co Producer dan Mixing Engineer dibantu oleh beberapa teman musisi seperti Agung Munthe, Indra Kusumah, dan Faishal M. Fasya yang mengisi bunyi-bunyian indah di dalam lagu “Strugglin”.

“Demi hasil yang terbaik, ini pertama kalinya Saya bekerjasama dengan Mastering Engineer asal London yaitu Pete Maher yang menyempurnakan lagu ‘Strugglin’,” ungkap Dhira Bongs melalui surat elektronik.

“Setiap bunyi-bunyian yang ada pada lagu 'Strugglin’ ini bisa didengarkan dengan seksama oleh para pendengar. Karena setiap bunyi-bunyian dari seluruh komponen lagu tersebut dibuat dengan penuh arti dan Saya menginginkan pendengar turut bermain dengan imajinasi nya masing–masing,” tambahnya.

Lagu ‘Strugglin’ ini akan diluncurkan melalui layanan musik digital bersamaan dengan perilisan video klip melalui Official Music Video Youtube Dhira Bongs yaitu pada tanggal 8 Desember 2017.

Komentar