ak47 loncatipagarberdurialbum2018

Singgung kejadian-kejadian sosial di Indonesia.

Setelah sukses menjalankan tur Amerika Serikat pada bulan 16 Oktober s/d 17 November 2018 lalu dengan mengunjungi 21 kota dari East Coast ke West Coast, trio Grindcore asal Semarang, AK//47, menutup tahun 2018 dengan album terbaru nih bertajuk ‘Loncati Pagar Berduri’.

Album penuh ketiga yang berisikan 13 komposisi Grindcore dengan topik distopia dan aneka dekadensi akal sehat dalam masyarakan moderen ini banyak menyinggung berbagai kejadian-kejadian sosial di Indonesia. Seperti penyerangan tempat ibadah, penangkapan kaum LGBT, isu rasisme, serta komoditas hoax.

“Di album terbaru ini adalah respon terhadap kejadian-kejadian di Bumi Nusantara; kaum LGBT ditangkap, tempat ibadah diserang, komoditas hoax di media sosial serta isu rasisme dalam kepentingan politik. Itu adalah sebagian dari adaptasi kemarahan yang afdol dalam musik grindcore kami,” ujar Garna Raditya, vokal dan gitaris AK//47.

Di album ini Garna Raditya (vokal, gitar), Novelino Adam (bass, vokal), dan Yogi Ario (drum) banyak menyuguhkan lagu-lagu berbahasa Indonesia, antara lain “Bebas Berkelamin”, “Menggugat Manusia!”, “Mawar Untukmu”, “Grinkor Petir!”, “Ayat untuk Menyayat”, “Kepada Bunga yang Masih Tumbuh di Beton”, dan “Botol, Bensin dan Mawar Untukmu”.

Untuk musiknya sendiri, AK//47 mengemas nuansa Grindcore era 90-an dengan kemarahan gerinda Punk yang beringas. Album ini dirilis oleh Lawless Jakarta Records dalam format CD dan Disaster Records dalam format kaset.

Sebelumnya, AK//47 merilis video musik bertajuk “Lempar Petasan ke Podium” pada bulan Juli lalu. Lagu ini dipilih menjadi pengenalan album ketiga AK//47. Ke depannya nih, mereka akan mengerjakan video dokumenter dari perjalanan tur 45 pertunjukan pada 41 kota di Amerika Serikat.

“Dokumenter ini sebagai selebrasi 20 tahun AK//47 di tahun 2019, sekaligus upaya mengarsipkan awal perjalanan kami hingga saat ini,” tambah Garna.

Penasaran dengan materi album ketiga dari AK//47? Langsung aja pesan melalui akun Facebook resmi mereka di www.facebook.com/ak47grind. Sebelumnya simak dulu video musik “Lempar Petasan ke Podium” di bawah ini:

(Artwork: Rifqi Fadhlurrahman)

Komentar