christabel-annora-by-hndsgrg-033.jpg

"Debat tanpa kenal lelah, saling serang.."

Perseteruan umat netizen yang budiman di internet emang nggak ada habisnya. Sekali dua kali isu dilemparkan, menjadi hits dan caci maki adalah ujungnya. Hedeeuuhh, capek nggak sih lo lihatnya? Yep, fenomena inilah yang direkam oleh oleh penyanyi solo yakni Christabel Annora. Setelah merilis single Menunggu Pagi, solois sekaligus pemain pianis ini kini merilis single Debat Kusir pada Jum'at (19/04).

Perilisan dari single ini juga kebetulan berdekatan dengan pemilu (pemilihan umum) di Indonesia, tapi politk bukanlah sebuah alasan bagi Christabel Annora menciptakan lagu ini. Tapiii, fenomena debat netizen yang terkesan konyol ini nihhh yang menjadi inspirasi Christabel Annora menciptakan Debat Kusir. 

“Sebenernya (re: tema lagu) lebih global. Lagu ini dibuat udah beberapa waktu yang lalu dan kebetulan aku beberapa kali mengamati pertarungan sengit netizen di media sosial juga, baik isu politik ataupun lainnya,” ungkap Ista, sapaan akrab Christabel Annora. Berbeda dengan lagu-lagu terdahulu yang mengangkat tema lebih personal, “Debat Kusir” menunjukkan sisi baru dari Christabel Annora dengan lirik jenaka dan permainan piano yang playful dan bernuansa vintage. “Sengaja saya masukkan nada-nada playful karena sesuai dengan tema ‘debat kusir’ yang jatuhnya jadi bahan bercandaan karena makin tidak masuk akal,” ujarnya.

debat_kusir_04.jpg

Debat Kusir juga memuat eksplorasi yang diciptakan Ista atas ketertarikannya dengan genre old jazz dan blues dari musisi seperti Teddy Wilson, Nina Simone, dan Sue Keller. Dalam penggarapan Debat Kusir, Ista merekamnya di Post Electric Studio by Danny Herbert di tahun 2018 lalu. Lalu untuk proses mixing dan mastering dipercayakan kepada Bambang Iswanto dan Nero Studio. Sedangkan komposisi lagu serta lirik digarap sendiri oleh Ista. Selain menggarap lirik dan komposisi lagu, Ista juga berkesempatan untuk unjuk gigi kebolehannya di bidang grafis yakni menggambar ilustrasi artwork Debat Kusir. 

Debat Kusir sendiri menjadi single penanda bahwa full album kedua Ista akan segera diluncurkan. Yeep, nggak perlu lama lagi dan nggak perlu debat-debat lagi dah, nih dengerin aja langsung lagu barunya Ista di bawah ini. 

Komentar