thumb thebeatles theguardian

Bukan John Lennon penyebabnya?

Pada 26 September 2019 adalah hari ulang tahun album terakhir The Beatles, ‘Abbey Road’ ke-50. Tapi tahu nggak nih bahwa baru-baru ini ditemukan sejarah baru yang bakal bikin Beatles Mania (sebutan fans berat The Beatles) kaget.

Kejutan tersebut berupa kisah saat personil The Beatles menggarap album ‘Abbey Road’, di mana banyak ditemukan ketegangan antar personil dan rencana The Beatles merilis single Natal serta album baru.

Hal itu diungkapkan sejarawan rock ternama Mark Lewisohn kepada salah satu media ternama di Inggris. Mark Lewisohn mengungkapkan bahwa John Lennon, Paul McCartney, dan George Horrison melakukan pertemuan di London Savile Row untuk membahas album selain ‘Abbey Road’. 

John Lennon menyarankan kepada kedua temannya Paul McCartney dan George Horrison untuk menulis masing-masing empat lagu untuk dimasukkan ke dalam album baru. Namun Ringo Starr tidak dilibatkan karena sedang menjalani tes kesehatan karena bermasalah dengan ususnya.

Menanggapi saran John Lennon, Paul McCartney menilai bahwa lagu yang ditulis George Horrison tidak bagus. Sampai akhirnya ada sedikit beda pandangan antara McCartney dengan Horrison. Sebagai gitaris, George Horrison mengungkapkan bahwa lagu yang ia buat merupakan seleranya dan banyak orang yang menyukai ciptaannya.

"Saya berpikir sampai album ini (Abbey Road) bahwa lagu-lagu George tidak sebagus yang diperkirakan," ujar Paul McCartney seperti yang diceritakan Mark Lewisohn.

Mendengar kritikan tersebut, George Horrison membalas: "Itu masalah selera. Semua orang-orang menyukai lagu saya,” ucap gitaris The Beatles tersebut seperti dikutip NME.

The Beatles sendiri juga telah mempersiapkan sebuah single Natal setelah perilisan album ‘Abbey Road’. Namun sayangnya sebelum single Natal dirilis, The Beatles sudah menyatakan bubar dan lagu “Let It Be” menjadi single terakhir yang dilepas oleh grup asal kota Liverpool tersebut.

(Foto: theguardian.com)

Komentar