cover album fermentasi jono terbakar

Sungguh menarik!

Jono Terbakar merilis Fermentasi, album ke-17, pada Sabtu, 5 Oktober 2019 pukul 23.00. Album ini dirilis oleh Sangat Records dan baru dapat diakses secara eksklusif di website Jono Terbakar melalui tautan http://jonoterbakar.com/fermentasi. Album ini rencananya akan tersedia dalam format CD dan digital pada bulan November 2019.

Album ini merupakan sebuah album yang belum matang. Pada mulanya Nihan Lanisy, satu-satunya personil Jono Terbakar, masuk ke studio DS Records untuk membuat demo untuk album selanjutnya. Namun, di pertengahan jalan, Nihan melihat ada sebuah keunikan dari demo tersebut. Demo tersebut terasa sangat mentah dan akan menjadi menarik jika proses fermentasinya dilakukan setelah album dirilis saja.

"Sepanjang tahun 2019, saya berkutat dengan banyak fermentasi. Mulai dari kombucha, tape, roti, dan lain-lain. Pada awalnya, saya ingin membagikan pengalaman fermentasi saya melalui lagu dan lirik namun di pertengahan jalan justru saya ingin memfermentasi album ini," ujar Nihan Lanisy.

foto jono terbakar y880708

Terdapat 12 lagu pada album ini. Terdapat 3 lagu yang tidak memiliki lirik karena pada saat direkam belum memiliki liriknya. Proses fermentasi terhadap album ini diharapkan dapat meningkatkan nilai gizi dari lagu-lagu yang terdapat di album ini saat ditampilkan secara live.

Fermentasi direkam oleh Yuli NW di DS Records, Yogyakarta. Gambar album dibuat oleh Sanditio Jitok secara spontan merespon Jono Terbakar pada acara 24 Hour Comics Day di Jakarta.

photo via Jono Terbakar

Komentar