spotify wrapped 2019 tulus

Cek perjalanan mendengarkan musik lo di Spotify Wrapped 2019

 

Jelang akhir tahun, Spotify, layanan streaming musik global terpopuler, mengumumkan perjalanannya sepanjang 2019. Data ini meliputi artis, lagu, playlist, dan podcast terkemuka yang banyak didengarkan para penggunanya sepanjang tahun. Data ini terangkum dalam kampanye akhir tahun Spotify, "Wrapped".

Nah dari data tersebut, Spotify mengungkapkan bahwa Tulus dinobatkan sebagai Artis Lokal yang Paling Banyak Diputar di Spotify di Indonesia. Yeayyy! Tahun lalu, penyanyi lagi "Sewindu" ini juga tercatat sebagai artis Indonesia pertama yang memecahkan rekor satu juta pengikut di Spotify. Selain Tulus, Artis yang Paling Banyak Diputar di Spotify di Indonesi adalah Fiersa Besari.

Sedangkan untuk artis kenamaan dunia yang paling banyak diputar jatuh kepada jeng jeng jengggg BTS, Alan Walker dan Ed Sheeran! BTS diputar lebih dari 3 miliar kali oleh pendengar musik di sepanjang 2019. Dan lagu BTS yang berkolaborasi dengan Halsey, "Boy with Luv" menjadi Lagu K-Pop yang paling banyak diputar secara global di tahun ini.

Suara artis perempuan pun menunjukkan gaungnya di Spotify tahun ini, dengan Billie Eilish dan Ariana Grande berada di posisi kedua dan ketiga sebagai Artis yang Paling Banyak Diputar secara global. Di Indonesia sendiri, album Ariana Grande yang sangat populer, thank u, next, melengkapi daftar lima besar Album yang Paling Banyak Diputar di Indonesia.

Penyanyi sekaligus penulis lagu asal Indonesia, Stephanie Poetri, turut menorehkan prestasi di dunia musik tanah air. Lagu hitsnya berjudul “I Love You 3000” berada di urutan keempat Lagu yang Paling Banyak Diputar di Spotify di Indonesia tahun ini. Lagu tersebut juga sempat menduduki peringkat pertama pada tangga lagu Spotify Global Viral 50.

Sementara itu, Lagu yang Paling Banyak Diputar tahun ini, baik di Indonesia maupun secara global, yakni hit musim panas 2019, “Señorita”, milik Shawn Mendes dan Camilla Cabello. Lagu tersebut telah diputar lebih dari 1 miliar kali di Spotify. Menyusul “Señorita”, Lagu yang Paling Banyak Diputar di Indonesia ialah “On My Way” milik Alan Walker, Farruko, dan Sabrina Carpenter di posisi kedua, serta “Cinta Luar Biasa” milik Andmesh di urutan ketiga. Hasil kolaborasi Fiersa Besari dan Thantri berjudul “Waktu Yang Salah” berada di urutan kelima dalam daftar Lagu yang Paling Banyak Diputar di Spotify di Indonesia tahun ini.

Rangkuman serta daftar teratas Spotify Wrapped 2019 di Indonesia dan global dapat ditemukan di bawah ini.

“A DECADE WRAPPED”: KILAS BALIK SATU DEKADE TERAKHIR DI SPOTIFY
Tahun 2019 menjadi tahun penutup dekade ini. Merayakan hal tersebut, dan untuk pertama kalinya dalam sejarah Spotify, kampanye akhir tahun “Wrapped” turut menghadirkan “A Decade Wrapped”. Lewat kampanye ini, pengguna dapat melihat kilas balik selama satu dekade ke belakang, khususnya tentang musik, budaya, dan kebiasaan streaming dari sudut pandang para penggemar, artis, dan kreator yang turut membentuk dekade tersebut. Semua data ini dirangkum dan disajikan secara unik, hanya oleh Spotify.

Didengarkan lebih dari 28 miliar kali, Drake merupakan Artis yang Paling Banyak Diputar di Spotify selama satu dekade ke belakang. Menyusul Drake, empat musisi lain yang paling banyak didengarkan ialah Ed Sheeran (lagunya “Shape Of You” juga merupakan Lagu yang Paling Banyak Diputar satu dekade terakhir dengan mencapai lebih dari 2,3 miliar kali); Post Malone; Ariana Grande; dan Eminem.

spotify wrapped 2019

“WRAPPED”: KILAS BALIK 2019 ANDA
Pada pekan ini, Spotify juga akan meluncurkan kembali Spotify “Wrapped” yang dipersonalisasi untuk setiap pengguna. Kampanye ini memungkinkan pengguna untuk mendapatkan informasi mengenai artis, lagu, genre musik, dan podcast yang paling banyak mereka dengarkan. Tidak hanya itu, pengguna juga dapat mengetahui fakta menarik seperti durasi mendengarkan musik dan jumlah lagu yang disukai.

Tahun ini, untuk pertama kalinya, pengguna bisa mengakses pengalaman ini secara langsung di aplikasi Spotify yang ada di smartphone dan tablet. Selain itu, “Wrapped” juga bisa diakses melalui situs spotify.com/wrapped. Spotify pun menyediakan fitur yang memungkinkan pengguna membagikan hasil “Wrapped” miliknya di media sosial, yaitu Instagram, Facebook, Twitter, dan Snapchat.

Komentar