thumb weird genius feat sara

Gabungkan elektronik musik dengan nuansa tradisional Jawa.

Siapa bilang kalo Youtubers kebanyakan cuma bisa cuap-cuap di depan kamera aja? Buktinya nih, Reza Arap bersama dua rekan lainnya yakni Eka Gustiwana dan Gerald Liu yang terbentuk dalam Weird Genius kembali melepas satu single terbaru.

Berjudul “Lathi”, Weird Genius masih menawarkan nuansa elektronik musik yang begitu kental dengan nuansa alunan musik tradisional Indonesia. Menggandeng rapper asal Surabaya, Sara Fajira, di lagu “Lathi” Weird Genius sukses menggabungkan musik moderen dengan tradisional.

Dinamika dentum powerful sepanjang track terasa sedikit melankoli pada bagian tertentu. Apalagi Sara melantunkan sepenggal lirik berbahasa Jawa yang dibawakan dengan cengkok ala sinden.

Menurut Weird Genius, judul lagu “Lathi” diambil dari Bahasa Jawa Kuno “ꦭꦛꦶ” yang berarti ucapan.

“Proses pembuatan cukup cepat, kurang lebih satu bulan. Lirik terinspirasi dari pengalaman pribadi yang mungkin juga dialami oleh banyak orang, dan ditulis bareng Weird Genius dengan Sara Fajira. Secara musik kita seimbangkan antara EDM masa kini dan lirik berbahasa Inggris dengan elemen tradisional dari instrumen maupun bahasa Jawa,” jelaskan Weird Genius.

thumb weird genius

Untuk ceritanya sendiri, lagu “Lathi” bercerita tentang toxic relationship yang didominasi oleh kebohongan dan ego. Meski menekankan sisi gelap hubungan, terdapat makna tersirat tentang keberanian dan pendirian menghadapi hubungan tidak sehat.

Hal itu tertuang dalam lirik “Kowe ora iso mlayu saka kesalahan. Ajining diri ana ing lathi” yang berarti “Kamu tidak bisa lari dari kesalahan. Harga diri seseorang ada di ucapannya.”

Sedikit informasi aja nih, sebelumnya Weird Genius telah melepas single “Dreams” di tahun 2018 dan mengajak kolaborasi beberapa musisi lain seperti  DOLF (Barong Family), Prince Husein, dan Midnight Quickie.

Selain itu, trio elektronik musik ini telah bermain diberbagai festival musik bergengsi baik di dalam negeri maupun luar negeri, seperti  Viral Fest Asia Festival Bangkok 2017, Soundrenaline Bali 2018, Local Act for Yellow Claw’s Indonesian Tour 2018, Sky Garden Bali 2018, Local Act for The Chainsmokers Live in Concert Jakarta 2018, SHVR Jakarta 2018 & 2019, dan sebagainya.

Nggak perlu panjang lebar lagi, langsung aja single perdana Weird Genius di tahun 2020 di berbagai layanan musik streaming favorit kalian, mulai dari Spotify, Joox, Deezer, Apple Music, Resso, dan sejenisnya.

(Foto: dok. Weird Genius)

Komentar