IMG 1248 copy

Hari pertama RRREC Fest In The Valley dimulai dengan aktivitas santai.

Seru juga ternyata bisa menghabiskan liburan bareng para musisi dan seniman sambil merasakan keindahan alam dan udara segar, sekaligus bersantai sejenak dari penatnya hiruk pikuk suasana kota. Weekend getaway-music camp adalah salah satu format festival yang ditawarkan RRREC Fest (ruangrupa Record Festival). Konsep RRREC Fest ke-4 kali ini adalah RRREC Fest In The Valley yang diadakan di area Tanakita Camping Ground, Sukabumi, dari hari Jumat (31/10) sampai Minggu (2/11), di tengah rimbunnya pepohonan dan sejuknya Taman Nasional Gunung Gede Pangrango. Dalam gelarannya yang ke-4 ini dengan mengambil nuansa dan suasana yang berbeda dari tahun sebelumnya, sebuah keseruan yang lebih intim dalam satu festival dengan berbagai macam kegiatan.

IMG 1237 copy

Di hari pertama RRREC Fest In The Valley, rombongan tiba di venue sekitar pukul 20.00 WIB disambut dengan acara makan malam bersama disambung dengan aktivitas lainnya seperti outdoor cinema atau istilah lokalnya sih layar tancap. Di sesi pemutaran film layar tancap, kurator programnya adalah Mahardika Yudha dari OK. Video Festival dengan film dokumenter, pertunjukkan musik, video musik, dan film fiksi yang erat berhubungan dengan musik; semuanya dalam konteks lokal dan berkaitan dengan perjalanan musik Indonesia dari generasi ke generasi. Program film pertama ada sesi Focus on Vincent Moon, kompilasi pilihan 4 karya film yang diproduksi oleh seorang filmmaker asal Prancis, Vincent Moon yang pada tahun 2011 lalu sempat berkeliling Indonesia untuk mengambil gambar dari puluhan musisi di berbagai daerah.

IMG 1272 copy

Sesi kedua disambung dengan kompilasi Video Musik Indonesia Yang Menginspirasi (2001-2011), sebuah kumpulan video musik Tanah Air yang sangat menginspirasi dari kurun waktu tersebut sekaligus pemutaran perdana video dokumenter dari Bangkutaman berjudul Iblis Jalanan yang dibuat sama Gundala pictures. Sesi terakhir di pemutaran film layar tancap ini ada pemutaran film dokumenter dari tahun '90-an berjudul “Generasi Indomie” (1996) karya Platon Theodoris (Australia) yang mendokumentasikan awal pergerakan musik dari band-band seperti Pure Saturday, Naif, Rumahsakit, dan lainnya. Disambung dengan film komedi musikal Ambisi (1973) karya Nya Abbas Akup yang dibintangi oleh 2 legenda nasional Bing Slamet dan Benyamin S, lengkap dengan cuplikan penampilan video musik dari Koes Plus, Bimbo, dan God Bless.

IMG 1279 copy

Selain pemutaran film juga ada pameran Poster Project dengan 11 seniman yang terlibat untuk membuat poster yang ada hubungannya dengan para musisi yang tampil di festival ini. Di venue Rumah Merah ada sesi musik asik yang diramaikan penampilan dari Dj Xing Xing, Virgo Ago Go, dan oomleo berkaraoke.

IMG 1262 copy

(Foto: Sofyan Refliyandi)

Komentar